Ada Tipe Introvert yang bisa Hasilkan Gaji paling Tinggi dan 5 karakter kontributornya

Siapa sih yang ga mau dibayar dengan gaji yang besar? Apalagi berkali-kali lipat dari yang sekarang.. Pastinya ga nolak deh.. Selain financial reward yang membuat hidup terasa lebih lega, tapi bagi beberapa orang pendapatan yang tinggi itu lambang dari kesukesan kita dalam karir lohhh…

bahkan untuk meraih posisi ini banyak yang menggunakan strategi pindah kerja agar dapat promosi jabatan yang lebih tinggi.. Hayooo siapa yg kayak gini?

Tapi teman intropreneur wajib tau, dari semua tipe introvert yang ada 8 tipe introvert, ada tipe introvert yang menurut riset secara natural akan menghasilkan gaji paling tinggi! Memang ada ya hubungan pendapatan dengan personality? Kalau begitu, kita lihat yuk riset psikologi berkata apa…

Jika teman intropreneur sekarang ingin menambah gaji? Atau ngerasa kok udh tingkatkan skill, jadi lebih rajin, pergi gelap pulang gelap tapi gaji masih gak naik juga?

Sementara nih….ada rekan kerja yang biasa aja, tapi sifatnya mudah bergaul dan pintar deketin bos sehingga dapat project strategis malah gajinya tinggi banget!

Kalo iya, pas banget nih dengan topik bahasan kita kali ini. tanpa berlama-lama lagi yuk kita simak bareng-bareng

Kenapa sih gaji mereka lebih tinggi? apakah ada faktor – faktor penentunya?

Apa saja faktor yang membedakan salary kita? Jika udah meningkatkan dari sisi Pendidikan, pengalaman, atau skill yang memang biasanya berpengaruh pada kenaikan gaji yang bisa kita terima tapi belum berhasil, cara lainnya yang biasa dlakukan adalah pindah kerja atau naik jabatan.

Tapi pernahkah teman intropreneur berpikir bahwa ada faktor lain yang menentukan besaran gaji yang diterima?

Nah disini saya ingin tunjukkan ada sebuah riset psikologi dari badan psikologi modern truity yang telah melakukan riset dan digabungkan dengan survey pada 72.331 responden yang mengisi TypeFinder personality assessment menyediakan informasi tentang salary dan status kepegawaian mereka.

Nah, setiap orang didalam survey itu juga diminta untuk menyelesaikan tes personality untuk mengukur preferensi mereka pada tiap empat dimensi Myers and Briggs, dan juga dilakukan pengukuran pada 23 tipe personality secara lebih detail. 

Dari hasil riset dan survey yang luar biasa extensive itulah ada kesimpulan bahwa memang ada korelasi kuat antara pendapatan kita dan personality kita.

Pentingnya mencari tahu jenis personality yang kita miliki agar bisa dioptimalkan

Owh iya, Untuk teman intropreneur yang belum tahu tipe personality myerss-briggs-nya atau mana tipe introvert anda, bisa coba lakukan tes singkat di https://www.16personalities.com/id

Kalau ingin akurasi yang tinggi dengan Analisa yang lebih lengkap rekomendasinya tentu adalah berkonsultasi ke biro psikologi untuk mengenal potensi diri anda. 

Secara singkat, ada 16 jenis personality berdasarkan Myers and Briggs. 8 di antaranya adalah karakter kepribadian introvert yang berbeda. Mereka adalah:

Arsitek (INTJ-A/INTJ-T): 

Pemikir yang imajinatif dan strategis, dengan rencana untuk segala sesuatunya

Ahli logika (INTP-A/INTP-T): 

Penemu yang inovatif dengan rasa keingintahuan akan pengetahuan yang tidak ada habisnya

Advokat (INFJ-A/INFJ-T): 

Pendiam dan mistis, tetapi idealis yang sangat menginspirasi dan tak kenal lelah

Mediator (INFP-A/INFP-T): 

Orang yang puitis, baik hati, dan altruistik, selalu ingin membantu dengan aksi kebaikan

Virtuoso (ISTP-A/ISTP-T): 

Eksperimenter yang pemberani dan praktis, menguasai semua jenis alat

Petualang (ISFP-A/ISFP-T): 

Seniman yang fleksibel dan mengagumkan, selalu siap menjelajah dan mengalami hal baru

Ahli logistik (ISTJ-A/ISTJ-T): 

Individu yang prakti dan mengutamakan fakta, yang keandalannya tidak dapat diragukan

Pembela (ISFJ-A/ISFJ-T): 

Pelindung yang sangat berdedikasi dan hangat, selalu siap mebela orang yang dicintainya

Introvert tipe mana yang menerima salary paling banyak?

Oke teman intropreneur, yuk kita kembali lagi ke penelitian dari badan psikologi truity tadi…

ternyata hasil penelitiannya dalam level yang lebih detail alias mikro menemukan bahwa bahwa pendapatan yang diterima tiap tipe introvert yang ada 8 itu berbeda-beda.

Dan ajaibnya perbedaannya itu cukup drastis, dengan jumlah selisih perbedaaan hingga 16.000 dollar US antara peringkat atas dan peringkat paling bawah penerima gaji. Tipe thinking dan judging (terutama ISTJ dan INTJ) mendominasi peringkat atas, dengan INFP dan ISFP menyusul di belakangnya. Untuk penjelasan tipenya silahkan aja lihat di16personalities.com ya!

Kenapa ada tipe introvert yang mendapat sedikit?

Jika Tipe thinking dan judging mendominasi peringkat atas….ada pertanyaan nih Kenapa mereka yang Feelers/perasa dan Perceivers/menyimak menerima lebih sedikit?

Ternyata riset truity itu memberikan penjelasan bahwa tipe Feeling lebih cenderung untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan value mereka, dibandingkan pekerjaan yang gajinya besar. Sementara tipe Perceiving digambarkan kurang mempunyai tujuan dibanding tipe Judgers, sehingga menyebabkan mereka lebih cepat tertinggal.

Nah, jika tipe perasa yang adalah ISFP dan ISFJ ternyata diriset itu dikatakan mereka lebih suka berada di rumah untuk mengurus anak mereka. Sementara empat tipe introvert intuitif lainnya dengan penghasilan tinggi (INFJ, INFP, INTJ, dan INTP) dilaporkan adalah seorang pembelajar yang haus ilmu. Sementara tipe menyimak biasanya adalah unemployed alias pengangguran atau bekerja paruh waktu atau freelance.

Sifat personality yang dapat mempengaruhi gaji

Jadi dari riset tersebut memang kelihatan jelas bahwa selain tentunya mereka yang extrovert, introvert dengan tipe thinkers/pemikir, dan judgers/pandai menentukan cenderung mendapat gaji yang lebih besar. Untuk introvert, ada lima kunci yang bisa mempengaruhi besaran gaji yang diterima.

• Ekspresif – mampu sharing feeling dan pikiran 

Disiplin – mampu menghindari gangguan atau godaan

Komit – work first, play second after responsibility

Energetic – memiliki antusiasme

Terorganisasi – teratur dengan sistem

Jadi introvert yang bisa belajar untuk ekspresif cenderung mendapat gaji yang lebih besar. Meskipun ekspresif adalah tipe gaya dari extrovert, introvert yang yang mengadopsi sifat ini lebih banyak mendapat reward secara finansial. Introvert tak ragu untuk menyampaikan opininya dan memiliki pendirian juga selalu menerima lebih banyak salary.

Jadi memang ada beberapa tipe introvert yang secara natural telah memiliki kriteria gaji tinggi secara behaviour, tapi bukan berarti anda yang bukan INFJ, INFP, INTJ, dan INTP memiliki gaji terbatas….persistensi adalah kuncinya, sebab manusia adalah makhluk pembelajar juga yang dengan usaha keras mengintegrasikan 5 kunci elemen tadi mampu meroketkan pendapatan anda.

Belum lagi, pendapatan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, dan personality hanyalah salah satu di antaranya. Jika teman intropreneur ingin sukses dalam karir, miliki sifat dan lakukan kebiasaan mereka yang telah sukses dan anda akan pun tak lama lagi akan sampai disana.