3 Tips Finansial untuk Millenials

Sayangnya memang, topik personal finance adalah sebuah subjek yang tak pelajari di sd, smp ataupun sma. kalau adapun ini jadi subyek yang seadanya. Tapi kekurangan pengetahuan mengenai edukasi finansial membuat nantinya banyak mereka yang mulai menjadi dewasa tanpa mengerti gimana cara yang baik untuk mengelola keuangan, membuat credit card dan strategi yang harus dilakukan dan yang terpenting cara mengelola hutang dan apakah anda harus berhutang?

Okee.. untuk memulai, kita akan coba melihat 8 hal yang terpenting untuk kita semua pahami mengenai uang. Tips finansial ini ditujukan untuk anda yang mungkin selama ini clueless atau tidak tahu arah mana yang harus anda ambil mengenai dunia keuangan untuk meraih kehidupan yang anda inginkan.

1. Melatih Kontrol Diri

Kalau anda termasuk orang yang beruntung, apalagi orangtua anda adalah seorang pebisnis, pastinya anda akan diajarkan kemampuan seputar cuanisasi ini oleh orangtua saat masih kecil. Tapi jika ngak, maka ngomongin cuan akan jadi hal yang cukup asing. Tetapi jika harus dibuat simpel, maka semakin cepat anda bisa menerapkan delay gratification atau menunda kesenangan, semakin cepat anda bisa mengatur dan mengelola finansial anda.

Contohnya, walaupun anda bisa menggunakan kartu credit secara instan mendapatkan apa yang anda inginkan, tapi lebih baik untuk menunggu hingga anda bisa memiliki uang secara cash. Ibaratnya gini, lebih baik, bayar bunga dari pembelian celana jeans atau segelas air mineral?

Artinya jika anda memiliki kebiasaan untuk membeli barang menggunakan kartu kredit, baik anda sebetulnya bisa membayar dengan sepenuhnya di akhir bulan atau tidak, jika anda kredit, anda mungkin saja tetap memiliki beban untuk membayar barang itu dalam 10 tahun jika sistemnya kredit.

KUNCI PENTING:
  • Sayangnya, kelas finansial untuk anak muda biasanya tak ada didalam kurikulum
  • Menabung untuk masa tua adalah bagian yang penting dalam persiapan finansial, berapapun umur anda saat ini.
  • Walau serasa belum penting, tapi meluangkan waktu untuk belajar hal-hal penting seputar finansial dapat membantu kesehatan cuan anda.
  • Sesimpel belajar perlahan-lahan untuk mempersiapkan dokumen pajak dapat menghemat keuangan anda
  • Mulai dana darurat dan menabung tiap bulannya sekecil apapun itu

Jadi boleh ngak sih punya kartu kredit? jawabannya boleh dan banget… apalagi jika bisa menggunakannya dengan baik, akan dapat menguntungkan karena membuat hidup lebih efisien dan dapat memanfaatkan berbagai promo yang sering ditawarkan oleh providernya. Tapi satu hal, pastikan selalu membayar dengan penuh saat tagihan datang dan jangan membawa lebih banyak kartu dibandingkan kemampuan finansial dan tracking anda.

2. Kontrol Masa Depan Finansial Anda

Tak ada hari tanpa pengeluaran dan jika anda tak mengerti cara mengatur keuangan, orang lain akan dapat mencari celah untuk mengambilnya dari anda. Mungkin saja orang-orang tersebut tak memiliki intensi buruk tapi secara tak sengaja mengambilnya seperti mengambil komisi untuk mengelola uang yang diatas rata-rata. Ibaratnya, seperti pacar yang meminta kita membeli mobil sportscar padahal kita hanya mampu membeli motor tapi karena tak mengerti finansial maka jadi kecolongan.

Daripada anda selalu bergantung pada nasihat orang lain 100%, mulai ambil tanggung jawab untuk mengelola keuangan dan membaca beberapa buku personal finance. Setelah anda punya basic pengetahuannya, anda akan lebih tak mudah lengah dan dapat menjaga pundi-pundi cuan yang telah dengan susah payah anda raih.

3. Mengerti Kemana Arah Uang Anda

Saat anda sudah membaca beberapa buku personal finance, anda akan mengerti betapa pentingnya untuk memastikan pengeluaran anda tidak lebih besar daripada pendapatan dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan budgeting.

Saat anda sadar kopi yang tiap siang anda minum di sebuah kafe yang sepertinya murah tapi dalam sebulan ternyata memiliki pengeluaran yang lumayan, anda dapat membuat perubahan-perubahan kecil yang tak memiliki perubahan signifikan yang merugikan hidup anda dan bahkan bisa jadi membawa anda pada situasi yang lebih baik.

Selain memastikan pengeluaran bulanan yang dapat anda kelola, anda dapat nyicil untuk membeli sebuah barang seperti rumah atau apartemen yang karena dicicil, tanpa terasa anda telah memilikinya.

Jadi…

Jangan berpikir bahwa anda harus punya background tertentu apalagi menjadi seorang expert untuk bisa mengelola keuangan anda sendiri secara baik. Jika anda melakukan 3 point penting tadi, maka anda bisa dipastikan memiliki fondasi yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here