5 Cara Bikin WFH ‘Work From Home’ lebih produktif

Sudah beberapa bulan ini pemerintah menerapkan peraturan untuk bekerja dari rumah atau work from home. Tak hanya di Indonesia, tapi juga diseluruh dunia. Ini memang demi mencegah penyebaran infeksi virus corona (COVID-19). Tapi khususnya di Indonesia, fenomena WFH ini juga didukung dengan Hashtag #dirumahaja yang menggema di dunia maya untuk membagikan aktifitas orang-orang yang berbeda-beda saat bekerja dan beraktifitas dari rumah.

Dibandingkan dengan waktu bekerja dikantor, mereka yang tak terbiasa WFH seringkali malah produktivitas saat bekerja dari rumah menurun karena keadaan rumah yang banyak gangguan dan juga kurangnya pengawasan dari atasan tak seperti saat bekerja di kantor.

Jika anda juga merasakannya, tak perlu khawatir atau merasa tertekan saat bekerja dari rumah karena sebetulnya, Work from home jika dapat anda biasakan justru akan bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dan pekerjaan pun dapat selesai dengan cepat dan waktu bersama orang-orang terdekat yang anda cintai pun akan anda miliki. Yuk lihat tipsnya!

1. Miliki Jadwal yang Jelas

Work from home memang berarti anda beraktifitas dirumah, tetapi bukan berarti liburan atau berleha-leha di rumah. Jangan sampai karena tidak adanya batasan-batasan waktu yang jelas, waktu bermain dan berleha-leha menjadi lebih banyak dibandingkan waktu yang anda luangkan untuk bekerja. Buatlah jadwal untuk bekerja dan taatilah jadwal yang telah dibuat tersebut.

Misalnya bekerja mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Selanjutnya, pastikan Anda siap bekerja di waktu yang sudah ditetapkan dengan keadaan yang nyaman dan bebas dari gangguan. Kuncinya adalah sesuai waktu yang ditetapkan sehingga sebiasa mungkin jangan mulai bekerja sebelum jadwal yang ditentukan dan juga selesaikan pekerjaan tepat waktu, kecuali jika Anda mesti lembur.

2. Terapkan Strategi Break 

Sebuah studi menunjukkan bahwa dibandingkan anda memforsir diri anda untuk bekerja hingga lelah dan malah tak dapat lagi melanjutkan pekerjaan dalam waktu yang lama karena sakit dan harus berhenti, ternyata menerapkan teknik beristirahat sejenak setiap beberapa waktu dapat meningkatkan produktivitas.

Beri jeda setiap 90-120 menit selama 10-15 menit. Diwaktu tersebut anda dapat melakukan apa saja untuk istirahat sejenak, mencari udara segar, atau peregangan agar fisik dan mental anda menjadi fresh dan siap kembali untuk melanjutkannya.

3. Matikan Interupsi, Notifikasi dan Gangguan

Saat bekerja, tingkatkan fokus dengan cara mematikan sejumlah notifikasi yang tidak penting seperti media sosial dan pemberitahuan sejumlah aplikasi. Gangguan sekecil apapun dari dering handphone atau laptop dapat merusak suasana hati dan menghilangkan fokus.

4. Pilih lokasi yang Nyaman

Pilihlah lokasi yang nyaman untuk bekerja seperti di ruang keluarga, ruang tamu, atau pekarangan rumah. Hindari bekerja di tempat tidur karena dapat merusak produktivitas. Siapkan pula barang-barang yang dapat meningkatkan suasana hati. Misalnya, foto keluarga, tanaman, hingga camilan.

5. Ingat tujuan bekerja

Bekerjalah dengan tujuan dan niat yang baik. Saat bekerja dari rumah ingat kembali tujuan tersebut. Dikutip dari Medium, tujuan itu dapat meningkatkan produktivitas saat bekerja, membuat Anda lebih bersemangat, dan bekerja dengan lebih ikhlas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here