5 Hal Penting di Manajemen Produksi Untuk Bisnis UKM

Tak hanya dimulai dari jualan dan marketing, tapi banyak juga pebisnis UKM yang mulai bisnis dari produksi barang yang tentunya harus memperhatikan langkah yang tepat mengenai apa saja yang dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan efektivitas bisnis untuk membangun manajemen bisnis itu sendiri agar dapat berjalan dengan baik.

terutama bisnis yang sebelum bisa dijual harus kreatif melalui tahap kerajinan tangan, atau bisnis kuliner yang harus diproses dan bisnis ukm jajanan serta home industri lainnya yang masih berskala kecil pastinya memiliki ke kompleks-an sendiri yang tak seperti dropship atau reseller mereka harus juga mengelola sisi manajemen produksi dari bisnis UKM agar tak hanya memproduksi tapi juga efektif dalam berjualan dan marketing agar maksimal. Selain dari keterbatasan sumber daya manusia yang memiliki keahlian lebih, ngak jarang juga ketersediaan modal yang terbatas jadi penghalang di tahap produksi.

Banyak bisnis dengan tipe seperti ini bisa telah berjalan dan memiliki pasar yang sudah bagus karena sempat mencetak omset yang baik dari bulan ke bulan, tetapi karena satu dan lain hal ternyata harus berhenti di tengah jalan akibat kurang atau tidak adanya modal untuk berkembang ke arah yang lebih baik lagi.

Menganggap enteng sisi produksi hanya sekedar membuat produk saja, dapat membuat waktu habis terkonsumsi dan omset tergerus. Hingga saat ini masih banyak UKM yang tidak menerapkan manajemen produksi dalam bisnisnya karena masih menganggap belum dibutuhkan karena bisnis yang belum terlalu besar atau menganggap bisnisnya hanya rumahan dan kecil -kecilan dengan modal terbatas atau seadanya.

apalagi daerah dan bahkan mungkin diluar pulau jawa, adanya UKM ini sangat memberikan manfaat yang besar salah satunya adalah membantu masyarakat sekitar untuk bisa mendapatkan penghasilan sehingga bisa menghidupi keluarganya ditengah kesulitan ekonomi tapi pebisnisnya masih belum fokus untuk meningkatkan kualitas manajemen produksi.

Ini jadi penting karena produk yang di hasilkan UKM kebanyakan juga masih mengandalkan tenaga manusia yang kalau tidak dijadikan efektif dengan manajemen yang benar pastinya akan kalah dengan produksi yang telah menggunakan teknologi mesin.

5 Hal Penting di Manajemen Produksi Untuk Bisnis UKM

Lihat apa saja hal penting dalam proses produksi dari UKM agar bisnis bisa tetap berlangsung dengan baik:

#1 Pembelian atau Supply bahan mentah

Untuk bahan mentah yang tidak tersedia secara gratis dari alam, artinya bisnis UKM harus melakukan proses pembelian bahan sebelum melakukan proses produksi.

Ini artinya sebelum masuk income, terpaksa perlu ketersediaan modal awal yang seringkali di anggap paling berat dan menyulitkan apalagi untuk UKM dengan keterbatasan modal. Disni penting untuk pebisnis UKM untuk mengerti berbagai solusi pinjaman modal usaha ataupun jenis pinjaman dari bank melalui program KUR dan lainnya untuk bisa menyelesaikan masalah supply ini sehingga proses produksi dapat terus berjalan lancar.

#2 Menjaga Kualitas Produksi

Menjaga kualitas produksi dari barang-barang yang dihasilkan oleh UKM memang sangat penting agar pembelian dari pelanggan dapat terjadi terus menerus karena banyak pelanggan yang setia dan tertarik untuk membeli kembali. Ini juga bertujuan menjaga kepercayaan konsumen.

Walaupun UKM, selalu lakukan pengecekan dengan teliti pada setiap produk yang dihasilkan supaya tidak ada cacat sama sekali karena untuk memastikan barang yang diterima pelanggan berkualitas tinggi. Ini juga membuat barang anda berpeluang bisa dipasarkan hingga ke mancanegara.

#3 Penyimpanan Produk yang sudah Finish

Memprediksi permintaan pasar adalah hal yang penting karena harus disesuaikan dengan berapa banyak barang yang seharusnya di produksi. Penyimpanan barang menjadi penting karena jika stok barang tidak mencukupi permintaan pasar maka akan keuntungan yang diperoleh akan berkurang. Pastikan permintaan pasar selalu terpenuhi dengan mempersiapkan stok.

Pebisnis penting memperhatikan jangan sampai barang yang dihasilkan tidak terlalu berlebihan karena jika pasar ternyata tak merespon dan membeli lebih sedikit dari prediksi maka resikonya ialah perputaran modal yang tidak lancar.

#4 Melakukan Pemeliharaan Barang

Ketika melakukan penyimpanan barang juga harus diperhatikan agar produk yang sudah dihasilkan tidak mengalami kerusakan.

Selalu lakukan perawatan barang meliputi kebersihannya dan memastikan bahwa tidak ada mikro organisme yang bisa merusak atau menurunkan kualitasnya.

#5 Proses Pengiriman Barang

Pada tahap akhir dari produksi adalah pengiriman ke pelanggan. Ini sangat penting dan menentukan bisnis anda karena berkaitan dengan persepsi pelanggan saat menerima produk dari anda. Saat barang yang sudah dikirim mendapat respon yang bagus dan mereka puas maka bisa dipastikan akan ada pemesanan berulang dengan jumlah yang bisa jadi meningkat.

Sehingga untuk bisa menjadikan UKM maju dan berkembang, perlu adanya dukungan dari sumber daya manusia yang memadai dan memang memiliki keahlian di bidangnya tapi juga yang tak kalah penting ditunjang dengan manajemen produksi yang baik agar sirkulasi bisnis tidak mengalami hambatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here