Bagaimana Memulai Bisnis buat Para Introvert?

Banyak yang bilang introvert itu adalah orang yang pemalu, walau pun introvert sebetulnya definisinya bukan pemalu tapi pendiam tapi sifat pendiam dan kesukaannya dalam menghindari tempat yang ramai dan bising membuatnya terlihat tidak cocok menjadi seorang pebisnis. Bayangkan saja karakter seorang entrepreneur yang ada dibayangan orang pada umumnya adalah dia yang pandai menjual dan sering bertemu orang.

Oleh sebab itu, Kali ini kita mau bahas sesuatu buat kamu para intropreneur yang penasaran apakah mungkin dan bagaimana cara seorang introvert  yang jarang berkomunikasi apalagi jualan bisa menjadi seorang entrepreneur. Kali ini kita bakal ngomongin di igcast masalah gimana sih cara supaya introvert bisa mulai bisnisnya sendiri? Nah apakah kamu juga termasuk salah satunya? ngerasa ga mungkin bisa bangun usaha kamu sendiri karena terbentuk personality introvert? Jangan khawatir! karena setelah nonton video ini, kamu pasti pede untuk bangun mimpimu untuk punya bisnis sendiri meskipun kamu seorang introvert!

Apa kabarnya hari ini teman-teman? Hari ini di igcast Intropreneur kita akan membahas tentang asumsi umum yang mengatakan bahwa pebisnis itu ekstrovert karena seperti teman-teman intropreneur juga mungkin tahu seorang penjual/salesperson yang ada dipikiran banyak orang adalah dia yang pandai berbicara.. Tapi apakah bisnis itu lebih baik jika dijalani oleh seorang ekstrovert?

Cuma Ekstrovert Yang Bisa Jadi Pengusaha Startup?

Siapa bilang cuma para ekstrovert yang bisa jadi pebisnis! Memang, untuk memulai sebuah bisnis itu dibutuhkan sifat-sifat yang umumnya dimiliki oleh para ekstrovert seperti: berkarisma, komunikatif, punya kemampuan bersosialisasi yang tinggi, dan luwes. Hal tersebut dikarenakan untuk memulai sebuah bisnis teman intropreneur dituntut untuk bisa memimpin tim, bernegosiasi dengan klien, serta bertemu dengan banyak orang untuk membagun relasi dan jaringan. Tapi bagaimana kalau kamu adalah tipe pribadi yang introvert?

Teman-teman intropreneur adalah pribadi yang pendiam yang mencari tenaga dari situasi yang tidak ramai, sehingga lebih asik sendiri saat telah lelah bekerja! Faktanya, menjadi seorang introvert itu bukanlah penghalang untuk kamu dalam menjalani mimpimu untuk menjadi pebisnis yang hebat! Lihat saja contoh yang ada mulai dari Mark Zuckerberg dan Steve Jobs. keduanya adalah introvert yang sukses di bidangnya masing-masing. Nah, sekarang giliran kamu yang sukses seperti mereka. Ingin tau caranya? Berikut ada 6 tips dari sekolahpebisnis buat kamu yang memiliki kepribadian introvert agar perjuangan membangun kerajaan bisnis kamu lancar!

Sampailah kita pada segment yang ditunggu-tunggu yaitu 6 tips agar seorang introvert tetap bisa membangun bisnis dengan lancar

Tips 1 : Pilih Bidang Usaha Yang Kamu Kuasai Atau Kamu Suka

Apakah kamu seorang introvert yang lebih nyaman utak-atik komputer sendirian untuk bikin design webprograming gameinternet marketing atau mendesign visual dibanding harus buang waktu berkomunikasi dengan orang lain?

Jika iya, pilihlah satu bidang yang kamu kuasai (dan kamu cintai) sebagai bidang usaha startupmu! Terus eksplor bakatmu di bidang itu dan ciptakanlah sesuatu dari situ.

Tips 2 : Pilihlah Partner Yang Tepat

Seperti apa sih kriteria partner yang tepat? Partner yang tepat adalah partner yang bisa melengkapi kekuranganmu. Sebagai contoh, jika kamu ahli dalam IT Solution, tapi tidak jago atau kurang pede buat meeting ketemu klien dan melakukan pitchingan bisnis, carilah partner ekstrovert yang bisa melakukan itu. Dengan saling melengkapi, akan terbuka juga kesempatanmu untuk belajar hal-hal baru dari partner kamu!

Tips 3 : Ciptakan Lingkungan Kerja Yang Nyaman Untukmu

Manfaat selalu diproduksi dari keunggulan dan kekuatan seseorang.. Nah jadi daripada fokus pada kelemahan introvert, gunakan kekuatan intropreneur dalam bisnis.. Ini artinya jika kamu sudah memiliki bisnis, ciptakan lingkungan kerja yang sesuai dengan kepribadianmu yang introvert. Misalnya kamu kurang suka bertemu banyak orang atau lebih nyaman berkomunikasi secara tulisan dibanding verbal, kamu bisa membuat sistem kerja di mana para pegawaimu melakukan tugasnya secara remote dari rumah atau dari luar kantor.

Tips 4 : Bangun Jaringan Secara Online

Sebagai seorang introvert, kamu pasti kurang suka berada di acara-acara yang terdapat banyak orang. Tapi di satu sisi, ini adalah kesempatan kamu untuk membangun jaringan dengan relasi yang potensial!

Nah kamu bisa manfaatkan teknologi internet untuk membagun jaringan secara online. Manfaatkan social media, email dan platform digital lainnya untuk membangun bisnis dan relasi bersama banyak pelaku startup digital di seluruh dunia.

Tips 5 : Belajar Bersosialisasi

Tapi perlu diinggat juga loh, cepat atau lambat, waktunya pasti tiba dimana kamu ngak akan bisa menghindar untuk memimpin sebuah tim, melakukan presentasi bisnis ke klien baru, atau bahkan tampil berbicara di depan orang banyak! Jadi sebagai intropreneur harus mulai belajar bersosialisasi karena introvert itu sama sekali bukan anti-sosial kok, hanya merasa energinya habis saja jika berada dikeramaian. Oleh karena itu, komunikasi dan interaksi adalah skill yang bisa didapat dengan cara dikembangkan terus menerus. Jadi Mulai dengan berlatih secara sadar untuk terlibat dalam pembicaraan dan interaksi di sekitar teman intropreneur sampai kamu terbiasa untuk bersosialisasi.

Tips 6 : Biasakan Diri Dengan Kondisi Yang Tidak Nyaman

Ini juga berkaitan dengan perasaan dan kondisi yang tak nyaman.. Karena tentu sebagai introvert yang merintis bisnis, teman intropreneur akan terus menghadapi situasi yang tidak nyaman. Tapi selalu ingat kelemahan terbesarmu adalah juga kekuatan terbesarmu! Dengan demikian kamu akan terlatih dalam menghadapi berbagai kondisi dan mampu melihat keadaaan dengan jernih.

Jadi lebih jelas ya, bukan cuma ekstrovert kok yang bisa punya bisnis, teman intropreneur pun sebagai introvert bisa menjadi pebisnis yang sukses dan hebat. Asalkan tips tadi dilakukan dan terus sambil jangan lupa menikmati proses bertumbuh sebagai pebisnis introvert.

Jadi jangan halangi potensimu hanya karena merasa bahwa kamu adalah seorang introvert! Yuk mulai sekarang jadi introvert entpreneur yang sukses!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here