Bisakah Introvert Jadi Sosial Influencer?

Introvert jadi sosial influencer? Bisa ga ya? Hampir ngak kebayang sih kayak apa? Pertanyaannya apakah mempengaruhi orang lain yang sepertinya bukan introvert banget bisa dan mungkin dilakukan juga di sosial media aja? Dan apakah introvert bisa influencing people di dunia online dan juga offline?

Kali ini kita akan membahas topik yang pas banget buat teman introvert yang bisa jadi nih punya mimpi jadi influencer di dunia sosmed. Nah kenyataannya jika anda bekerja dengan orang lain baik di bisnis ataupun di dunia proffesional, apalagi didunia yang makin kompetitif ini, perlu kemampuan untuk bisa meng-influence orang lain. Nahh, Biar ngak sekedar berhenti di keinginan semata aja, yuk disini kita bakalan membahas realitanya gimana ya introvert itu bisa jadi sosial influencer? 

Nyatanya kalau anda mau jadi influencer itu….bisa banget! Tentunya perlu diawali dengan tips yang satu ini nih, Ga perlu pura-pura berperilaku seperti seorang extrovert. 

masih ingat dengan film Harry potter yang juga dibintangi Emma Watson? Nah, ternyata Aktris yang sukses banget ini adalah contohnya bahwa introvert pun bisa menjadi influencer. Atau Tim Cook penerus Steve Jobs di Apple? Dia pun terkenal sebagai orang kepercayaan Steve Jobs yang melakukan perubahan signifikan di Apple. Atau jika kita ingat publik figure yang jago banget bikin kita ngakak yaitu Raditya Dika? Yess.. ternyata memang dirinya sendiri mengaku bahwa ia adalah sosok yang introvert banget waktu ditanya boy william di nebengboy..

Tapi pertanyaannya, gimana sih caranya supaya bisa jadi influencer yang oke di sosial media dan juga didunia offline?  Disini saya merujuk pada sebuah buku yang saya baca yaitu Quiet Influencer dari Jennifer Kahnweller yang membahas secara dalam sekali bagaimana seorang introvert bisa menjadi quite influencers. 

Karateristik Introvert

Sebelumnya kita perlu mengenal karakteristik introvert. Sebab jangan-jangan, Anda bukan seorang introvert. Nah, apakah anda

  •         Menyukai suasana sunyi/tenang
  •         Berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara
  •         Mampu menyembunyikan emosinya
  •         Punya kedalaman berpikir
  •         Lebih menyukai komunikasi tertulis dibanding verbal
  •         Mempunyai sifat kalem dan tenang
  •         Menghargai privacy

Jika anda mengatakan ya paling tidak pada beberapa point dari yang telah disebutkan tadi, maka kemungkinan besar Anda adalah seorang introvert. Tapi ini tes singkat aja ya, jika ingin tahu dengan detil silahkan mengikuti personality test dari lembaga psikologi.. 

Tips Menjadi Introvert Influencer

Anda introvert mau stand out supaya jadi influencer yang keren di berbagai bidang? Nah perlu tau dulu nih apa sih influencer itu, influence by definition adalah kemampuan membuat perubahan dengan menantang status  quo atau keadaan saat ini lewat caranya untuk memberikan alternatif baru dan menginspirasi orang lain untuk bergerak menuju ke arah itu.

Okee, jadi intinya introvert jika ingin menjadi influencers perlu membuat perubahan dan sebagai seorang introvert, Nah, sekarang kita akan lihat summary dari hasil interview dan observasi dari ratusan orang dengan personality introvert yang dilakukan oleh Jennifer Kahnweller dari buku Quiet Influencer mengenai 6 kekuatan introvert yaitu 2 fondasi dan 4 strategi yang saling bekerja sama untuk meraih impact sebagai influencers! 

  1. Manajemen Energi

Fondasi Yang pertama tentu saja manajemen energi, dan point ini telah kita kupas di igcast episode ke 9 kemarin tentang betapa pentingnya hal ini. Nah, disini juga ini adalah fondasi utamanya, jika manajemen energi tidak baik, makan 5 elemen kekuatan lainnya sudah pasti akan tidak berjalan

  1. Well Prepare

Karena introvert secara natural tak terbiasa dengan hal yang spontan, maka fondasi kedua yang tak boleh dilupakan adalah persiapan. sangat penting untuk siap bai segala kemungkinan dengan menggali lebih dalam mengenai topik keahlian anda dan mensimulasikan potensi pertanyaan atau penolakan serta jawabannya. Ini akan jauh meningkatkan kepercayaan diri dan kekuatan anda sebagai influencers. berikut empat langkah persiapan yang baik:

  •         Gali secara mendalam bidang keahlian anda
  •         Buat strategi dan rencana yang matang; tulis daftar pertanyaan seputar informasi yang mungkin orang butuh ketahui tentang bidang yang anda kuasai
  •         Ambil jeda sejenak untuk melakukan refleksi dan me-manage diri anda
  •         Practice, practice, and more practice

Nah dengan dua fondasi tadi, anda akan lebih optimal dalam melakukan 4 elemen sosial influencers ini

  1. Engaged Listening

elemen influencing yang pertama adalah engaged listening, itu artinya berinteraksi dengan mendengarkan.. Memang bisa yah? Yess.. ini bukan mendengar yang sembarangan mendengar saja, tapi menggunakan keahlian natural introvert dalam menyimak masalah yang dialami lawan bicara atau audience di sosial media dengan memasukkan elemen understanding dan simpati yang membangun interaksi.

  1. Focused Conversation

Kekuatan influencing selanjutnya yang juga wajib digunakan oleh anda adalah focused conversations. Ini karena pola pembicaraan introvert yang lebih senang untuk depth atau kedalaman daripada width atau melebar ke berbagai topik. Gunakan pembicaraan yang purpose driven yang memecahkan suatu masalah. Jika di dunia online, maka buat konten yang bisa jadi solusi bagi permasalahan audience anda. Ini sangat natural untuk dilakukan oleh seorang introvert.

  1. Speak Through Konten

Influencers biasanya dikenal dengan banyak berbicara ataupun tampil didepan umum, tapi anda yang telah mengenali keunggulan dirinya pasti sangat mengerti bahwa itu bukan karakter seorang introvert. Tapi bukan  berarti tidak ada cara untuk menjadi influencer ya! Tekniknya adalah speak and show through konten, kalau dijaman dahulu kala seorang introvert hanya bisa menginfluencer lewat tulisan karena keterbatasan media, saat ini anda bisa menggunakan banyak media ngak hanya tulisan tapi juga photography, desain grafis dan videography. Influencers is speak up against something, jadi jangan keterbatasan berbicara dan tampil menjadi limitasinya ya

  1. Bijak Menggunakan Sosial Media

Inilah poin penting bagi introvert dalam menjadi influencer yang sukses. Sosial media adalah instrumen anda dalam menginfluence orang banyak, menumbuhkan interaksi, membela cause, sharing, sekaligus belajar dari audience anda. Atau dengan kata lain ini, interaksi on-steroid, atau mengampifikasi impact anda.

Bagaimana caranya agar seorang introvert bisa tetap influencing di sosial media:

  • Luangkan waktu minimal sepuluh menit per hari untuk membangun interaksi dengan audience anda. 
  • Fokus pada speak through konten 
  • Gunakan kekuatan menyimak dan engage di focused conversation

Kesimpulan

Jadi, bukan hanya extrovert saja yang bisa menjadi seorang sosial influencer. introvert pun bisa menjadi influencer yang sukses di dunia sosial media. Nyatanya sosial media adalah suatu dunia yang tepat di mana para pebisnis introvert dapat mengembangkan skill dan potensinya untuk mencapai keuntungan bisnis yang sangat menguntungkan. Tapi yang mesti dicatat, menjadi influencer yang baik sebagai seorang introvert memiliki sudut pandang dan teknik yang cukup berbeda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here