Cara Berprestasi di Rumah Tangga dan Berbisnis bagi wanita

Bisa ngak sih kalau punya hobi menulis tapi dijadikan bisnis? Tentu saja bisa.. apapun hobi anda, jika dibarengi dengan mindset sebagai seorang pebisnis pastinya akan bisa dijadikan lebih dari sekedar hobi tapi juga profesi.

Nah, buat Anda yang suka menulis dan ingin membuatnya jadi menjadi bisnis atau untuk anda yang mungkin sekarang berprofesi sebagai penulis dan mulai ingin jadi pebisnis, anda bisa memanfaatkan kemampuan anda dan dengan dilengkapi skill bisnis maka akan memperoleh kebebasan untuk bekerja dimanapun dan menulis kapanpun. Seringnya, ini sangat cocok bagi ibu rumah tangga yang harus dirumah dan telah memiliki banyak urusan dirumah seperti mengurus pekerjaan rumah tangga bahkan kebutuhan anak. Ibaratnya, mengurus rumah tangga saja sudah repot dan membuat banyak wanita mengaku tidak sempat berbisnis.

Salah satu cara terbaik adalah bisnis sambilan yang bisa dilakukan dirumah sambil mengurus hal seputar rumah tangga, yaitu seperti berbisnis dari keahlian menulis. Tapi tak semudah itu juga. Karena anda tetap harus memiliki manajemen waktu yang baik. Nah, caranya agar pekerjaan rumah tangga tetap lancar dan tetap juga bisa berbisnis dari menulis, maka Anda harus punya strategi.

Untuk melakukannya, Anda bisa mencoba lakukan langkah-langkah di bawah ini:

1. membuat jadwal kapan harus mengelola bisnis, mengasuh anak, mengurus rumah tangga, serta menulis

Menulis tak hanya membutuhkan waktu tapi juga konsentrasi. Oleh karena itu alokasikan waktu dengan baik dengan tujuan agar bisa memudahkan Anda untuk mengatur harus melakukan apa saja pada jam tersebut.

Selain itu, dengan alokasi yang jelas itu membuat waktu kita pun diisi dengan lebih efektif dan efisien. Jadi, hindari melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat seperti bergosip atau menonton sinetron tak jelas, tetapi bertemu untuk bersosialisasi atau berjejaring untuk bisnis juga tetap penting.

2. masukkan masing-masing kegiatan di jam-jam tertentu

Setelah menentukan kategori-kategori apa yang anda butuhkan terutama mengurus rumah tangga dan anak yang adalah hal utama bagi ibu rumah tangga, maka selanjutnya anda bisa memasukkan kegiatan menulis di waktu-waktu luang anda agar selalu dapat memiliki waktu menulis secara konsisten.

Contohnya, jam tujuh sampai setengah delapan itu mengantarkan anak. lalu setelahnya anda dapat membuat waktu untuk menulis.

3. buatlah lembaran daily activities untuk anda

Hal yang sangat simpel tapi ternyata didalam keseharian ibu rumah tangga sangat dibutuhkan adalah membuat daily activities anda.

Kesibukan sebagai ibu rumah tangga tak hanya memiliki banyak aktivitas saja, tetapi juga banyak aktivitas yang datangnya secara spontan sehingga banyak hal-hal yang datang secara tiba-tiba yang meminta perhatian. daily activities ini tujuannya agar Anda selalu mengingat kalau jam sekian harus melakukan aktivitas apa. Jadi, pastikan Anda memajang hal tersebut di dinding yang mudah dilihat. Apalagi ketika Anda memasang itu di dinding, artinya mereka lihat dan membuat Anda makin termotivasi untuk konsisten.

4. siapkan hadiah jika selama sekian waktu Anda mematuhi jadwal

Untuk membuat anda konsisten pada jadwal yang telah anda buat, anda bisa memberikan hadiah jika anda bisa mengikuti rencana sesuai jadwal. Misalnya, seminggu ini selalu sesuai jadwal, maka Anda berhak mendapatkan hadiah sesuatu. Tapi ketika melanggar jadwal, maka itupun membuat anda bisa menyiapkan hukuman untuk diri anda sendiri. Tak harus hadiah besar dan hukuman besar, tetapi hadiah bisa berupa jalan-jalan, atau hukuman bisa berbentuk penundaan melakukan sesuatu yang sangat ingin anda lakukan.

Ibaratnya, daily activities bagi ibu rumah tangga yang ingin produktif sangatlah penting. Jangan lupa saat anda membuat daily activities, isi dengan kolom aktivitas harian secara detail, rencana per hari, jadwal kegiatan khusus bersama anak, jadwal khusus bersama pasangan, serta space rencana kegiatan bulanan. Buat dan isi semuanya di sebuah kertas atau dokumen, dan gunakan setiap harinya agar anda bisa membuat kegiatan menulis anda menjadi sebuah bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here