Cara Menumbuhkan Passion dalam Bekerja

Bekerja sesuai passion memang menjadi hal yang diinginkan bagi sebagian orang, dengan alasan bahwa passion dalam bekerja akan memberikan kekuatan meraih kesuksesan berkarier. Bekerja dengan passion tentu akan membuat karyawan lebih menikmati dan enjoy dalam melakukan pekerjaanya. Bekerja dengan hati yang senang akan membuat mereka selalu nyaman dalam dalam bekerja.

Namun ada juga seseorang bekerja yang tidak sesuai dengan passionnya. Mungkin mereka bekerja dikarenakan adanya tuntutan orangtua,  lingkungan sosial, atau ketersediaan peluang dan kesempatan kerja yang terbatas menjadi alasan mengapa seorang tersebut tidak bekerja sesuai dengan passsionnya. Bekerja tanpa passion juga memiliki dampak tersendiri bagi seseorang yang bekerja.

Berikut ini hal-hal yang terjadi jika pekerjaan yang digeluti tidak sesuai dengan passion:

Cenderung hanya memprioritaskan penyelesaian kerja  tanpa mementingkan kualitas, dengan begitu tentu akan menghasilkan hasil kerja yang seadanya.

Adanya kecenderungan orang menyelesaikan tugas-tugas yang tidak disukai tanpa adanya kualitas, hanya akan memunculkan rasa lelah dan kebosanan. Sehingga kurang membawa pengaruh positif bagi lingkungan kerja.

Cenderung rentan terhadap stres kerja dan sulit mengembangkan diri. Adanya depresi karena ketidakcintaan dalam melakukan pekerjaan, akan membuat mereka lebih banyak membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih besar untuk dapat menyesuaikan diri. Serta menuntut kemampuan dalam menekan perasaannya saat bekerja, karena adanya lingkungan yang tidak disukainya.

Hal diatas tentu saja tidak diinginkan oleh semua orang yang bekerja.

Maka terdapat beberapa cara  untuk menumbuhkan kecintaan pada pekerjaan agar tetap optimal:

  1. Belajar mencintai pekerjaan dan karir yang sedang digeluti. Bukan sekadar melakukan apa yang dicintai, tapi juga belajarlah mencintai apa yang dilakukan saat ini.
  2. Berfokus pada kualitas pekerjaan. Tidak peduli pada bidang apa bekerja, lakukan dengan optimal. Pemikiran ini akan memunculkan semangat sehingga tidak akan ragu, bahkan dapat terus memperbaiki dan mengoptimalkan karier.
  3. Keluar dari zona nyaman. Berlatih untuk dapat keluar dari zona nyaman , ciptakan, dan raih tantangan yang ada dengan passion yang ciptakan untuk mendapatkan kepuasan kerja secara profesional.
  4. Pengalaman dan waktu. Artinya  bila pekerjaan tak sesuai passion, bukan berarti tak bisa sukses. Passion akan datang seiring dengan penguasaan akan karier, bertambahnya keahlian yang dimiliki, serta lamanya waktu yang dilalui akan dapat mengoptimalkan kinerja kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here