Haruskah Mereset Akun Instagram Anda?

Dalam proses membangun akun Instagram, pernah ga sih ngerasa ada yang salah sama cara Anda selama ini untuk ngebesarin akun Instagram? Karena kalau caranya keliru dan ga mengikuti pola yang tepat, malah nantinya akan menyebabkan akun Instagram Anda punya reputasi jelek ngak hanya dimata calon followers tapi juga dimata algoritma instagram, nah lho ini nih yang sangat berbahaya dan wajib diperhatikan!

Oleh karena itu kali ini kita bakal bahas pertanyaan yang sering ditanyain sama para instagram marketer mulai dari online shop, influencer, hingga mereka yang manfaatin sosial media ini buat peronal branding. Pertanyaannya adalah..Haruskah saat ini anda mereset akun Instagram? Kalo iya kenapa dan kapan waktu bagi Anda sebaiknya harus mereset ulang akun Instagram Anda?

kapan sih saya harus reset akun Instagram? Nah, Mungkin teman pebisnis juga pernah atau sekarang lagi ngalamin proses buat build-up akun Instagram sendiri. Diluar dari tujuannya yang variatif bisa buat marketing, online shop, merintis jadi influencer, atau juga buat personal branding atau tujuan lainnya. Tapi permasalahan yang sering ditemui adalah, uda berbulan-bulan kita jalanin, kok pertambahan followersnya dikit ya? Engagement dalam artian yang like atau comment di postingan kita juga rendah angkanya? Apa saya harus reset aja akun Instagram saya? Atau lanjut terus ganti strategi? Beli followers mungkin? 


Nah buat teman pebisnis yang lagi galau nih, mau reset ulang akun Instagramnya atau gak, jangan langsung direset dulu yaaa… sebelum tau info yang satu ini

Ada 4 alasan utama yang membuat ktia mulai untuk mempertimbangkan untuk mereset akun Instagram dan itu kalau:

  1. Beli Followers

Kalau masih pake cara beli followers untuk mengembangkan akun Instagram, ini waktu yang pas buat reset ulang Instagram anda! Kenapa begitu? Karena cara ini bukan cuma buang uang, tapi sama sekali gada impactnya buat pertumbuhan akun Instagram anda! Memang sih, followers banyak keliatannya bagus. Tapi kalau engagement per postnya rendah, bakal ketauan juga kok, kalau teman teman pake cara beli followers dan akhirnya reputasi jelek-lah yang bakal didapat! 

Apalagi dengan update instagram akhir-akhir ini yang makin menggarang..Beli followers juga bisa bikin akun Instagram anda jadi kena shadowbanned loh! Akibatnya para followers aktif jadi otomatis ga bisa melihat postingan Anda. 

Jadi kalau anda membangun reputasi di dunia online dengan cara beli followers, bisa mulai dari awal aja dan reset ulang akun Instagram kamu.

  1. Menggunakan Bot Untuk Auto Komen Dan Like

Masih pake auto komen dan like? Walaupun ada cara tersendiri untuk menggunakan teknik yang satu ini agar lebih aman bagi instagram akun anda, tapi secara garis besar, ini juga strategi yang salah dan bisa membahayakan performa akun instagram anda.. Jadi Anda pun bisa pertimbangkan buat reset akun Instagram! 

Sebab seperti halnya pedang 2 sisi, jika tidak bisa menggunakan teknik yang satu ini secara strategis, selain akun instagram Anda akan dihadiahi notifikasi report spam oleh banyak akun yang Anda auto komen, apalagi jika kontennya hardselling pol pol-an, teman Intropreneur juga ga bisa mengontrol konten jenis apa yang akan dilike oleh akun Instagram Anda sendiri. 

Parahnya nihh, kalau ketahuan kasih like dan komen ke konten negatif seperti pornografi atau hoax, itu bakal jadi bumerang sendiri buat teman Intropreneur loh. Karena itu artinya algortime instagram akan membaca akun teman pebisnis tertarik dan terasosiasi dengan konten negatif tersebut… Belum lagi akun Anda juga bisa kena block lohhh dari pihak Instagram.

  1. Menggunakan Auto Follow

Selain auto komen dan auto like, ini adalah teknik yang juga berisiko bagi akun instagram Anda. Saran saya dan sekolahpebisnis, Manual Follow/Unfollow boleh digunakan di awal Anda membangun sebuah akun instagram untuk menambah tingkat keterlihatan akun baru Anda.

Tapi kalau sudah menggunakan aplikasi auto follow, pilihlah aplikasi yang trusted sebab fitur auto follow ini sangat rawan digunakan oleh hacker sebagai sarana pencurian data dan bisa buat akun Instagram anda juga terkena suspend, block atau yang paling ngeselin dihack!!

Nah, selain resiko tadi, cara yang satu ini juga cara yang kurang elegan kalau anda ingin menambah followers, khususnya kalau akun Instagram Anda digunakan untuk personal branding karena pastinya jumlah following Anda akan jauh lebih besar daripada jumlah orang yang memfollow akun teman intropreneur

  1. Followers Terus Berkurang

Nah, seperti halnya tak ada jalan cepat untuk menuju kesuksesan. Di instagram pun, menggunakan shortcut dan praktik-praktik tadi secara masif bisa menyebabkan akun instagram Anda mengalami fenomena followers yang terus berkurang secara konstan dari waktu ke waktu.

Jika anda mengalami hal ini… Perlu di ketahui, Ini adalah akumulasi dari praktik-praktik meningkatkan followers dan engagement dengan cara yang tidak disarankan oleh Instagram community guidelines, seperti beli followers, auto komen & like, auto follow & unfollow dan teknik serupa lainnya. 

Nah, Sangat disayangkan kan kalau followers anda  jadi berkurang dan ngak hanya bikin reputasi yang ga bagus di mata followers tapi juga mengacaukan algoritma akun instagram. 

Apalagi jika tujuan kita  adalah membangun branding toko atau personal yang sifatnya long lasting, wah bisa gawat dehh! Kalau followers Anda masih di bawah angka 10.000 atau 10K dan masih pake cara-cara yang salah dalam ningkatin followers dan engagement, lebih baik untuk reset ulang saja akun Instagram anda! Sebab jika dipaksakan, akun instagram kita akan sangat sulit berkembang dan akan terus bergantung pada praktik-praktik tersebut selamanya untuk berkembang.

Seperti peribahasa ada banyak jalan menuju Roma, ada banyak cara juga kok yang lebih baik yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan followers dan engagement dibanding dengan cara-cara salah yang malah bisa bikin reputasi dan akun instagram hancur berantakan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here