Kejutan baru Instagram Buat Para Influencers di Facebook Developer Conference

Baru saja Mark Zuckerberg mengumumkan perubahan terbaru di facebook dan instagram dalam facebook developer conference F8 yang pastinya mengguncang dunia persilatan sosmed dan digital marketing.

Sudah dengar belum ada perubahan apa aja disana? Kl belum, anda yang punya olshop, influencer ataupun menjalankan digital agency wajib banget tahu updatenya di ig cast kali ig agar tetap kompetitif. Ingin kisi-kisinya sekarang? Intinya update ini cukup signifikan buat para influencer atau content creator di sosial media. Apa saja fitur baru tersebut dan manfaatnya? 

Kali ini kita bakal ngebahas tentang fitur baru dari instagram yang helpful banget dan sangat penting diketahui! Yang pasti ini bakal ngemudahin banget buat para sosial media influecer, olshop atau siapapun yang melakukan kegiatan digital marketing. 

Jadi setelah di awal tahun 2019 ini ada major update yaitu instagram shopping untuk olshop dan terutama akhir-akhir ini juga ada beta testing yang mencengangkan untuk menyembunyikan jumlah like disetiap foto postingan anda, ternyata itu hanya riak – riak dari ombak besar yang ada dievent #FB2019, the Facebook Developer Conference kemarin. 

Mark baru saja mengeluarkan beberapa perubahan signifikan pada facebook dan instagram dan untuk influencer, tampaknya instagram berusaha menginvasi Youtube dan akan menjadi “rumah” baru bagi para content creator dan sosial influencer. Apa saja update fitur baru tersebut?

  1. Creator Profile

Udah tau kan bedanya antara instagram personal dan instagram business profile.. Nah, Seperti instagram business profile, sekarang ada jenis profile baru yang kabarnya akan diterapkan ke seluruh dunia dibulan juli yaitu creator profile. Yesss, seperti halnya youtube punya creator studio, sekarang instagram punya creator profile yang menyediakan akses ke banyak fitur eksklusif dan analytics yang mendalam khusus untuk influencer 

Lalu apa bedanya? Nah, Sebagai contoh, creator profile bisa mengakses instagram insight, dan juga mengakses instagram creator studio pada desktop yang berisi metrics analytic dengan jangkauan yang luas, termasuk statistic engagement, untuk mengetahui audience yang online dan offline, dan info demografi serta statistik lainnya yg membantu creator 

Disitu juga untuk pertama kalinya, creator akan memiliki akses untuk mengetahui follow/unfollow data yang tujuannya memudahkan para influencer untuk mengetahui konten apa atau konten seperti apa yang paling berpengaruh pada followers mereka. 

Lalu yang cukup powerful adalah creator memiliki DM Filter yang memungkinkan mereka untuk memprioritaskan pesan dari brand atau dari teman yang biasanya sebagai influencer kita mendapatkan ratusan bahkan ribuan DM tiap harinya. Dengan kemudahan ini, creator dan influencer bisa menghabiskan waktu yang lebih efektif untuk membaca pesan yang lebih “engaging” dari followers mereka atau berinteraksi dengan brand soal penawaran pekerjaan

Di balik kelebihan fitur baru ini, ada beberapa pula kekurangannya. Sebagai contoh, instagram creator profile tidak terhubung dengan instagram API, yang artinya para creator tidak bisa untuk menscheduling postingan secara otomatis atau menggunakan third party analytic tools dan tak seperti instagram business profile, ada rumor yang menyebar bahwa profile ini hanya bisa digunakan bagi para influencer yang followersnya sudah di atas 10k.

  1. Beli Langsung Produk dari Influencer Favorit

Oke, yang kedua adalah Instagam akan melakukan testing lanjutan di area instagram shopping, di mana sekarang para influencer bisa mentag barang endorse di foto dan langsung terkoneksi dengan aplikasi instagram shoppping agar followers tak hanya bisa membeli dari olshop tapi juga bisa langsung dari foto influencer di akunnya. 

Dengan shopping tag ini, influencer akan bertindak sebagai brand representative untuk para brand yang mendorong pembelian langsung dari instagram mereka. 

Ini akan hampir bisa dipastikan merombak struktur manajemen endorse di indonesia dan sangat menarik untuk ditunggu bagaimana fitur baru ini akan mempengaruhi pola pembagian kerja antara barand dan influencer dalam sebuah campaign. 

Untuk sementara, fitur ini sudah ada tapi baru tersedia di kreator level dunia seperti Chiara Ferragni, Kim Kardashian, Ronnie Fig, dan lain-lain.

  1. Tingkatkan Uang Dengan Stiker Donasi di Instagram Stories

Sudah tau fitur donasi di youtube dimana viewer bisa memberikan donasi ke creator di Youtube? Nah, Instagram pun melaunching stiker donasi untuk instagram stories yang akan membuat orang mampu mengumpulkan uang pada aplikasi instagram.

Penggunaannya pun sangat mudah sesimpel membuat ig story dan pilih stiker donasi

Dengan sekali live, anda dapat swipe pada stories untuk mengetahui jumlah total yang sudah terkumpul, yang menurut instagram, 100% akan disumbangkan kepada lembaga non profit yang disupport influencer.

Kesimpulan

Nah Gimana… masih ada update menarik lainnya seperti integrasi whatsapp, DM instagram dan messeger, jika ingin menyimak info lengkapnya search aja keynote speech facebook developer conference untuk melihat fulll keynote yang berdurasi hampir 2 jam itu..

Kayaknya ketika fitur-fitur tersebut benar-benar sudah dirolling ke seluruh dunia, instagram akan menjadi tempat baru yang menyenangkan buat kita para content creators dan influencer nih. Kita lihat aja gimana kelanjutannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here