Kekuatan Introvert Entrepreneur Sebagai Pebisnis

Dalam menjalankan suatu bisnis, kita seharusnya tak berfokus pada kelemahan tapi pada potensi diri yang harus dimanfaatkan karena itu modal utama anda yang nantinya akan memberikan manfaat bagi sekitar.

Saya juga yakin, bahwa setiap dari kita pastinya memiliki potensi yang bisa dimanfaatkan sebagai kekuatan…. baik itu karena bawaan lahir atau bakat ataupun karena kesukaan atau passion. Nah, sebagai introvert entrepreneur yang menjadi pebisnis sangat penting untuk mengetahui potensi kekuatan personality anda!

Oleh karena itu, kita akan mencari tahu bareng-bareng apa aja kekuatan introvert sebagai pebisnis? dan bagaimana kita bisa memanfaatkannya untuk memberikan kontribusi yang positif untuk bisnis kita!

kali ini kita bakal sharing-sharing seputar dunia introvert dan entrepreneur. kita akan bahas apa aja kekuatan dari introvert entrepereneur dan bagaimana memanfatakan kekuatan tersebut untuk kemajuan bisnis kita. 

Familiar sama nama-nama seperti Mark Zuckerberg, Bill Gates, Larry Page, Jeff Bezos atau Guy Kawasaki? Ya mereka adalah pebisnis yang sering dijadikan role model buat para entrepreneur. Mungkin salah satu dari nama tersebut juga telah menginspirasi anda saat ini! Tapi, nyatanya, bukan hanya sekedar pebisnis, mereka juga adalah introvert yang sukses bisa mengubah dunia dengan penemuan inovatifnya! Kira-kira, bagaimana yaa… cara mereka melakukan itu semua? Tentunya, bukan dengan berpura-pura menjadi extrovert, tapi mengaplikasikan kekuatan introvert mereka ke karya mereka sebagai pebisnis!

Ini penting banget diketahui anda, bahwa seorang introvert yang berpura-pura menjadi extrovert hanya akan menjadi seorang extrovert palsu.nah looo.. Ternyata extrovert pun ada yang KW lohhh! hahaha… Jadi, pada dasarnya Personality introvert anda adalah bisa dianggap kekurangan, tapi bisa juga dianggap sebagai aset yang sangat berharga, jika anda mampu menggalinya. Sebagai contoh, mungkin anda pernah melihat diri anda dalam sifat-sifat positif seperti:

  •           Kemampuan untuk fokus dan mengembangkan pemikiran yang mendalam
  •         Menyukai pemikiran dan bekerja secara mandiri
  •         Mempunyai kapasitas untuk mendengarkan dan terhubung secara mendalam atau intim dengan orang lain
  •         Aktif berimajinasi dan punya kreativitas yang kuat
  •         Memiliki hasrat tinggi pada ilmu pengetahuan, didorong oleh rasa ingin tahu
  •         Tenang, dan selalu siap pada saat-saat kritis
  •         Mampu memberikan spotlight untuk orang lain dan visi mereka

Nah, ternyata ngak semua orang bisa dengan mudah melakukan hal itu seperti halnya anda loh.. Tentunya, Keberhasilan eksekusi untuk para introvert sangat bergantung dari bagaimana mengatur energi dan memanfaatkan kekuatan personality introvert. inilah dia 4 kekuatan introvert yang bisa menjadi pembeda sebagai seorang pebisnis.. Yuk langsung aja kita simak sekarang!

4 Kekuatan Introvert Entreprenur

  1.     Menonjolkan Diri

Tak ingin menonjolkan diri. Ya sifat natural seorang introvert yang tidak perlu menjadi center of attention dan tidak suka berada di bawah lampu sorot! Tak hanya bisa dipandang menjadi sebuah kelemahan tapi juga keunggulan. 

Ketidakinginan ini bukan ketidakmampuan, tapi enggan untuk menjadi james bond yang tampil didepan. Nah, disini anda perlu menyadari bahwa jika diperlukan kita harus mau dan tak perlu malu atau menolak peran sebagai pemimpin. Fokus saja pada menolong dan memberikan value dan bukan pada perasaan bahwa introvert ingin menjadi pusat perhatian.

Sebab ada keunikan tersendiri dari karakter introvert sebagai seorang pemimpin yaitu ketenangan, stabilitas, rendah hati, pendiam, sederhana, ramah, senang berbagi, dan memiliki kredibilitas. Jadi anda tidak perlu ragu lagi dalam menjadi pemimpin karena gaya anda tak seperti seorang yang extrovert atau outgoing, karena anda tetap bisa jadi pemimpin dari bisnis anda dan menjadi diri anda sendiri secara otentik.

  1.     Mandiri

Kekhasan introvert adalah kemandiriannya yang berasal dari caranya memproses informasi. Karena sumber energi seorang introvert bersifat internal, maka sahabat terbaik introvert adalah diri kita sendiri! Kita tidak butuh stimulus eksternal untuk bertukar-pikiran. 

Bukan berarti egois yah.. Tapi anda memandang berdiskusi sebagai media pencari pendapat tapi bukan penentu keputusan. Oleh karena itu jangan lupakan diskusi jgua yaa.. Tapi pada akhirnya anda bisa cukup mandiri mengambil informasi dan meletakannya di dalam filter pribadi sendiri.  Jadi jika memang dibutuhkan dan tak ada teman untuk berdiskusi, jangan ragu untuk memutuskan ya, sebab introvert telah terbiasa meriset info dan memfilternya sendiri.

  1.     Menguasai Diri

Nahh..dalam hubungan dengan cara memproses informasi, introvert juga memiliki kekuatan untuk mengendalikan pikiran, perasaan, dan tingkah laku secara independent. Kadang kala sisi negatifnya terlihat pendiam, tapi sisi positif yang dapat menjadi keunggulan adalah mampu bisa tetap tenang dalam keadaaan yang kacau sekalipun dan memberikan respon yang mendalam meski di tengah situasi yang paling menekan. 

Jadi walaupun sepertinya cukup menakutkan, tapi beranilah untuk membantu mereka yang terlibat dalam situasi yang cukup chaos, karena ketenangan anda bisa menolong mereka.

  1.     Refleksi Diri

Mungkin sebagai introvert anda pernah mendengar judgingan bahwa seorang introvert terlalu banyak berpikir. Tapi, kemampuan berkaca dan mendengar suara hati anda sendiri adalah kekuatan yang tidak akan anda tukar dengan apapun! Sebab kekuatan seorang introvert adalah refleksi diri.

Baik introvert ataupun extrovert sama-sama menggunakan informasi dari orang lain untuk membantu mencerahkan pemikiran. Hanya saja, seorang introvert akan melakukan refleksi mendalam tentang suatu informasi dibanding mengumpulkan orang banyak untuk dimintai pendapat hingga mencapai solusi. Ini membuat kadang introvert dipandang oleh partner bisnis sebagai orang yang lambat dalam memutuskan. 

Jadi jangan ragu meminta waktu untuk berpikir dan menentukan keputusan anda sendiri ya

Kesimpulan

Oke, Itulah 4 kekuatan diri anda sebagai introvert yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi pebisnis yang sukses. Kekuatan yang berbeda tersebut menjadi alasan yang cukup kuat untuk meyakinkan bahwa anda tidak perlu berpura-pura menjadi seorang extrovert meskipun dunia lebih condong bercita-rasa extrovert. 

Kuncinya sebagai pebisnis introvert, manfaatkanlah kelebihan introvert anda untuk menjadi pebisnis yang sukses yang otentik. Toh kalau dipikir-pikir, para pebisnis top di awal podcast tadi bisa juga mengubah dunia tanpa harus mengubah jati diri mereka sendiri kan! Jadi yang harus anda lakukan adalah memanfaatkan dan memaksimalkan 4 potensi introvert utama anda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here