Kelebihan Pegadaian sebagai tempat Investasi Tabungan Emas

Kelebihan kekurangan untung rugi tabungan investasi emas di pegadaian

Saat ini makin banyak orang yang mulai mengerti arti pentingnya berinvestasi. Daripada menyimpan uang di rekening bank dengan bunga yang mungkin tak sesuai ekspektasi, banyak yang sekarang lebih memilih untuk berbondong-bondong mengalihkan uangnya pada berbagai instrumen investasi.

Investasi pun dapat dilakukan dibanyak lembaga dan tempat dengan instrumen investasi sendiri yang sangat banyak jenisnya, mulai dari saham obligasi hingga investasi emas.

Tapi memang, khusus di indonesia Investasi komoditi emas adalah salah satu investasi yang sudah terkenal diberbagai kalangan karena dilakukan turun temurun dan telah dimengerti secara luas baik oleh orang di pedesaan maupun di perkotaan. Investasi emas banyak dipilih karena memiliki resiko paling rendah untuk kerugian dan juga fakta bahwa emas jarang sekali turun dan selalu mengalami kenaikan.

Tak hanya dipegadaian tapi untuk melakukan investasi emas, sangat banyak sekali lembaga-lembaga yang menawarkan jual beli emas baik secara offline ataupun saat ini juga banyak yang  online, baik yang menawarkan secara tunai maupun secara kredit.

Tapi saking banyaknya option diluar sana tak jarang membuat seseorang yang baru pertama kalinya ingin investasi emas malah jadi bingung dan mengalami keraguan untuk mencari lembaga yang tepat, nah disini Pegadaian adalah solusinya.

Kenapa? karena PT. Pegadaian memang merupakan satu-satunya lembaga resmi yang berizin untuk melaksanakan kegiatan lembaga keuangan dalam bentuk penyaluran dana ke masyarakat ini dapat menjadi jawaban dari keraguan anda dari pemerintah! Dari semua layanan yang dimiliki, ada produk tabungan emas di pegadaian. yang merupakan salah satu bentuk investasi yang dapat anda pilih.

Enaknya anda bahkan ada dapat mulai menabung kurang dari sepuluh ribu rupiah dalam sekali top up saldo tabungan anda. Juga, anda dapat melakukan pengecekan sendiri melalui gadget anda dengan aplikasi yang resmi dikeluarkan oleh Pt. Pegadaian yakni “Pegadaian Digital” yang bisa di download pada playstore anda.

Yuk kita lihat apa saja kelebihannya sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan produk Pt. Pegadaian ini.

Kelebihannya antara lain adalah sebagai berikut:

#1 Harga Emas yang terjangkau

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, anda dapat membeli emas anda (atau dalam hal ini menabungkan terlebih dahulu) dengan nominal yang bahkan sangat sedikit! sehingga seperti nyicil.

Ini karena sangat mudah untuk menyisihkan uang sepuluh ribu rupiah.. ya dengan harga tersebut anda bisa membeli 0,01 gram di pegadaian dimana nanti anda akan bisa top up dan akan secara otomatis ditambahkan ke tabungan emas dan dikonversikan menjadi gram jika sudah memenuhi. Nantinya, apabila tabungan anda telah mencapai 1 gram, maka anda pun dapat mencairkannya.

#2 Emas telah tersertifikasi

Saat investasi yang satu ini digemari secara turun temurun dan menjadi salah satu investasi favorit di indonesia, maka akan selalu ada ancaman pemalsuan atau penipuan dan ini adalah salah satu kelebihan yang ditawarkan apabila anda memilih menabung emas di Pegadaian.

Anda tidak perlu takut untuk mendapatkan emas palsu, ataupun tertipu misalkan anda membelinya secara online ditempat yang belum tersertifikasi. Emas yang dicetak atau dikeluarkan oleh PT. Pegadaian ini terjamin keasliannya dan tersertifikasi. Untuk emas PT Pegadaian sendiri, ia menawarkan dua cetakan yakni produk Antam maupun UBS.

#3 Mudah untuk nantinya di “cairkan”

investasi emas sifatnya cukup liquid dan mudah dicairkan dan artinya akan mudah untuk diuangkan apabila anda membutuhkannya. Tingkat kemudahannya untuk mencairkan emas tergolong lebih tinggi apabila dibandingkan dengan instrumen investasi lain seperti tanah ataupun investasi properti yang lebih sulit dicairkan.

Khusus untuk komoditi investasi seperti salah satunya emas, anda juga dapat menggadaikannya, tentunya jika memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku di pegadaian itu sendiri.

#4 Terbilang Aman

Dikarenakan di Pegadain di percaya pemerintah dan menggunakan sistem “titipan” untuk menabung emas maka emas anda akan aman di Pegadaian dibandingkan jika anda menyimpannya sendiri yang dapat beresiko hilang ataupun rusak.

#5 Transaksi yang mudah dan bebas pajak

Saat ini untuk menambah saldo pada tabungan emas, anda tidak perlu selalu ke tempat pegadaiannya langsung. Anda dapat mentop-up nya melalui transfer bank dan bahkan aplikasi yang menjadi partner pegadaian yang artinya dapat anda lakukan baik di ATM maupun internet/mobile banking.

Selain itu, anda pun tidak perlu membayar pajak untuk emas yang anda miliki, serta tidak ada aturan khusus terkait seberapa banyak emas yang anda punya berbeda dengan halnya uang tunai yang ada batasan khusus yang boleh anda pegang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here