Trend di Instagram 2019 yang patut di Pantau!

Berbicara tentang bagaimana agar menjadi sukses melalui platform Instagram di tahun 2019 ini, makin banyak saja elemen yang harus diperhatikan. Ini karena kompetisi di platform yang satu ini semakin meruncing dari hari ke hari, teknik marketing lama yang sudah mainstream seperti memilih hashtag (#) dengan cerdas, memposting secara reguler sudah bukan sebuah kemewahan yang patut dibangga-banggakan, tapi hanyalah sebuah syarat untuk bisa masuk dalam liga instagram marketing.

Di artikel kali ini, saya akan mensharingkan 6 trend instagram yang sebaiknya anda ikuti di tahun 2019 ini dan jika anda ingin stay above the competition, diterapkan ke dalam strategi sosial media anda.

yuk mari kita simak pembahasannya..

1. Filter Story dengan Teknologi Augmented Reality

Salah satu yang unik dan menarik dari cara baru mempromosikan brand adalah dengan konten yang interaktif. Faktanya bahkan sudah sejak tahun 2018, Instagram telah membuat beta program di negara asalnya dengan memiliki top influencers (selebrity, brand, dll) untuk membuat versi replika Augmented Reality (AR) mereka yang dapat dishare dan dijadikan filter bagi Instagram Stories. Ini cukup menjanjikan karena pengguna instagram nantinya akan dapat membuat filter stories yang brand anda buat menjadi custom filter di stories milik pengguna.

Saat ini di Indonesia, sudah ada beberapa aplikasi yang available untuk mempercantik instagram stories pengguna yang dapat diunduh dari app store, namun penggunaan untuk teknik promo sebuah brand, layak untuk ditunggu.

2. Integrasikan growth-hack tools ke dalam strategi anda

Seberapa baiknya strategi sosial media yang anda gunakan, mereka yang ingin bermain secara serius di dunia instagram pada akhirnya mengintegrasikan teknik growth-hack menggunakan tools untuk mendapatkan follower, like dan bentuk lain dari interaksi dengan lebih cepat, lebih masif dan lebih sering.

Growth hack yang perlu diperhatikan adalah memastikan bahwa perkembangan cepat itu diraih dengan follower yang asli atau real follower yang adalah pengguna instagram nyata dan bukan bot sehingga nantinya mereka tak hanya dapat terexpose pada brand anda tapi juga menjadi calon pembeli brand anda. Itulah sebabnya, memiliki follower yang banyak sama sekali tidak membantu anda untuk mengembangkan akun Instagram dari segi pengunjung profle instagram, penjualan anda, apalagi konversi menjadi loyal follower anda.

3. Otentisitas Pengaruh Influencer

Saat memulai untuk berkolaborasi dengan influencer sebagai sebuah online shop atau brand, otentisitas influencer haruslah menjadi perhatian paling utama yang harus dipertimbangkan. Sangat mudah untuk mendapatkan banyak follower dengan cara yang tak disarankan seperti membeli follower yang adalah bot, tapi dengan demikian, tak hanya anda memanipulasi pengunjung instagram anda, tetapi juga diri anda sendiri.

Sebab pada akhirnya, influencer yang memiliki follower yang nyata akan memberikan akun anda pengguna instagram aktif yang bukan bot atau tak sekedar memiliki akun instagram saja, tapi juga betul-betul berinteraksi karena tertarik dengan konten yang ditawarkan. Dengan kata lain influencer ini memiliki pengaruh/influence ke followersnya.

Rekomendasi kami dari @sekolahpebisnis adalah sebelum berkomitmen untuk bekerja sama dengan influencer, ambil waktu untuk betul-betul me-riset akun mereka dan existensi mereka di instagram, lebih dalam dari hanya sekedar melihat jumlah followernya saja. Cek engagement di tiap post dan apakah followernya benar-benar tertarik dengan konten yang ditawarkan oleh influencer itu dan apa yang dikatakannya.

Cek juga, brand atau olshop apa yang telah bekerjasama dengan influencer itu dan seperti apa bentuk postingannya. Gunakan tools seperti socialblade.com untuk membantu meriset akun-akun influencer tersebut.

4. Beli langsung dari Instagram

Yes, ini berbeda sama sekali dengan toko online yahh..

Sebab sebelumnya, untuk menggunakan instagram sebagai media bagi anda untuk menjual produk/jasa, anda bisa melakukan advertising lewat instagram yang nantinya iklan itu akan mengarahkan pengguna instagram yang melakukan action klik ke dalam website anda untuk melakukan transaksi selanjutnya. Tapi di tahun 2019 ini, instagram merilis fitur baru yang memungkinkan bagi penggunanya untuk melakukan pembelian langsung dari dalam aplikasi instagram dengan fitur instagram shopping. Ini meningkatkan kemungkinan pengguna instagram yang tertarik pada apa yang anda tawarkan untuk lebih mudah membelinya dari anda.

Walaupun diawal 2019 ini, fitur ini hanya tersedia dibeberapa akun pilihan instagram, namun trend ini dipastikan akan meningkat hingga akhir tahun. Terutama karena generasi Millenials dan Gen Z ingin kenyamanan dan kepraktisan dalam proses pembelian produk tanpa melakukan pindah platform keluar dari aplikasi yang sedang digunakan.

5. Iklan di Instagram Story

Selain fakta bahwa 70% lebih pengguna instagram di Indonesia sangat senang mengikuti update terbaru dari akun bisnis di instagram, fakta juga mengungkapkan bahwa 400juta pengguna instagram secara aktif yang setiap harinya mengakses stories dan 1/3 dari semua stories adalah dari akun bisnis. Ditambah lagi, rasio 1 dari 5 stories hampir dipastikan menghasilkan DM ke akun instagram.

Aktifnya pengguna instagram stories membuat beriklan di instagram stories akan membuat brand anda dikenal oleh pengguna instagram dengan lebih cepat dan lebih baik. Untuk memulai beriklan di instagram stories anda dapat menggunakan facebook ads manager.

6. Highlights Insta-Stories

Instagram stories memang sangat menarik untuk dicoba sebagai sebuah brand, tapi hanya dalam 24 jam saja hilang sudah karya anda. Disinilah fitur highlight stories sangat baik untuk digunakan. Followers anda dan semua pengunjung instagram anda yang baru pun akan bisa melihat highlight stories dibagian atas akun instagram anda dan melihat bagian yang menurut mereka menarik.

Fitur highlight ini dapat memberikan leverage untuk mengenalkan brand anda secara komprehensif. Anda bisa membuat highlight stories yang mempromosikan brand anda, produk anda, event anda dan segala aspek dari brand yang dapat membangun keterikatan emosi dengan followers akun anda.

2019 di instagram memang banyak dihiasi dengan update algoritma yang membuat membangun akun instagram tak semudah dulu lagi. Namun, update-update tersebut banyak juga yang membawa potensi besar bagi perkembangan brand anda di instagram. Terutama lebih banyak cara dan ketersediaan cara untuk mempromosikan dan menjual produk, lebih banyak cara untuk membuat konten yang menarik interaksi dan lebih banyak cara untuk mendapatkan audience yang interaktif dan tertarik untuk action.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here