Mulai Jualan, Lebih baik di Media Sosial, Marketplace atau Toko Online?

Saat ini kendala seseorang yang ingin memulai bisnis bukan karena kekurangan peluang ataupun tempat jualan, justru saat ini banyak yang bingung peluang mana yang harus diambil dan dimana seorang pebisnis harus mulai untuk menjualnya.
Dari manapun anda memulai, pastikan tempat itu sudah ada pembelinya atau traffic-nya. Nanti ketika sudah memiliki basis pembeli yang cukup solid, barulah pebisnis bisa mulai menjual produknya menggunakan toko online milik sendiri. Mengapa? sebab di dunia online, tempat berkumpulnya orang adalah di sosial media dan marketplace.Lalu apakah Jualan di Marketplace atau Media Sosial, yang mana Paling Menguntungkan? Lebih Baik mulai Marketplace atau Media Sosial?

Ada beberapa Marketplace yang populer untuk berjualan yaitu Tokopedia, Bukalapak, Shoope, Lazada, dan Elevenia, semua tempat tersebut memang dibuat untuk berjualan online dan orang-orang yang kesana sudah hampir dipastikan sedang mencari produk.

Ini berbeda dengan Media sosial yang ditujukan sebetulnya untuk ruang sosial, silaturahmi, dan menjalin relasi dengan teman atau orang baru. Media sosial yang paling populer dimanfaatkan oleh para Pebisnis untuk berjualan online adalah Facebook dan Instagram. Tetapi sebagian besar dari orang yang berkunjung memiliki tujuan untuk terkoneksi dengan teman ataupun mencari info serta entertainment. Oleh karena itu diperlukan strategi yang berbeda untuk berjualan di social media.

Keunggulan Sosial Media

Sejak diluncurkan pada 2013 hingga saat ini jumlah pengguna di sosial media terutama instagram semakin pesat apalagi saat Indonesia telah memiliki jaringan internet yang makin baik.

Jumlah pengguna aktif di indonesia pun menduduki peringkat salah satu yang terbesar di dunia. Coba bayangkan jika 0.1 % saja pengguna sosial media follow anda, maka jumlah tersebut bisa meningkatkan konversi penjualan anda.

Di Instagram, dengan pengguna yang berasal dari berbagai usia. Siapapun bisa memposting foto atau video, memfollow, mengomentari, memberi like, hingga searching sesuai hashtag pun bisa dilakukan dengan sangat praktis. Apalagi fitur stories yang semakin lama, semakin membuat orang betah melihat karena durasinya pendek dan berakhir hanya dalam 24 jam.

Keunggulan Marketplace

Marketplace memang disediakan bagi orang untuk memfasilitasi jual-beli, dan oleh karena itu marketplace yang bagus biasanya sudah ramai visitor. Ibaratnya seperti saat anda buka gerai di mal yang ramai, pasti akan selalu ada orang yang lewat didepan toko anda yang tiba-tiba tertarik untuk masuk dan lihat-lihat. Jika mereka cocok, pengunjung itu lalu jadi pelanggan. Begitu pula jika anda membuka toko di online marketplace yang sudah terkenal dan memiliki promo menarik setiap tahunnya. Misalnya dengan flash sale, cashback dan lain sebagainya.

Seperti Sosial Media, fitur basic Marketplace sudah memiliki fasilitas pendukung gratis anda hanya perlu membuat akun dan menata toko anda saja. Setelah display toko dilengkapi dan di optimasi dengan mengupload foto maupun video serta menyiapkan foto-foto produk terbaik dan caption detail dan menarik maka anda siap untuk pelanggan baru. Di beberapa marketplace bahkan biasanya produk yang dijual akan dipromosikan secara gratis jika sedang ada program dari marketplace.

Kelebihan keduanya adalah sama-sama sangat mudah dilakukan tanpa perlu anggaran yang besar, bahkan tentunya jika mulai secara organik maka gratis. Tapi pastikan anda membuka toko ditempat ramai ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here