4 Cara Barbershop & Salon Dapat Pelanggan Secara Instan. Strategi Database!

4 Cara Barbershop & Salon Dapat Pelanggan Secara Instan. Strategi Database!

Kayaknya bukan rahasia lagi, kalau hari gini sebuah bisnis yang punya outlet belum ada di online dan terutama sosial media seperti instagram, youtube atau tiktok.

Padahal sumber omset bisnis itu ada 4:

  1. Calon pelanggan yang baru
  2. Mereka yang sudah lama follow & subscribe tapi gak beli-beli
  3. Pelanggan yang sudah pernah beli dan sebisa mungkin repeat order
  4. Pelanggan yang sudah beli mereferensikan pelanggan lain

Dari 100% follower yang anda punya di Instagram saat ini, hanya kurang dari 5% saat anda posting! Ini terjadi di Instagram, YouTube dan bahkan di platform lainnya. Walaupun anda memiliki subscriber dan follower, kita tidak bisa memastikan mereka semua pasti selalu mendapatkan informasi yang anda berikan melalui konten anda di sosial media. 

Inilah kenapa bisnis offline wajib membangun database pelanggan melalui Whatsapp ataupun email yang ternyata menurut global management consultant McKinsey 40x lebih efektif untuk menaikkan omset dibandingkan sosial media apapun. 

Itulah yang buat saya sadar saat saya mulai menggunakan online marketing untuk bisnis salon saya, nomor Whatsapp , SMS dan email selalu saya usahakan untuk dapatkan. Karena target saya bukan cuma mau dapat omset dari berjualan ke orang baru saja, tapi dari 4 tipe sumber omset tadi.

Paling tidak ada 4 cara untuk mendapatkan database pelanggan barbershop & salon atau klinik anda.

1. Gunakan Giveaway

Tujuannya adalah mengadakan giveaway untuk mendapatkan nomor Whatsapp atau email agar anda bisa tetap berhubungan dengan mereka dan membuat mereka akhirnya datang atau menggunakan jasa anda.

2. Gunakan Website Anda

Gunakan website/landingpage untuk mendapatkan nomor Whatsapp & email sebelum seseorang membeli. Tempatkan email form atau paling tidak tombol click to Whatsapp di dalam website anda.

3. Kumpulkan di Lokasi Anda

Tetap kumpulkan data pelanggan untuk mereka yang sudah datang ke lokasi, Selalu validasi nomor Whatsapp dan email pelanggan ketika mereka datang ke lokasi anda.

4. Selalu Minta Kontak

Kumpulkan nomor Whatsapp dan email di setiap kesempatan. Tapi jika dari 100% pengunjung anda bisa mendapatkan 1% saja database, maka dalam waktu singkat anda bisa mengembangkan database pelanggan yang bisa anda kontak secara instan. Jadi jangan menyerah untuk mengumpulkannya, karena jika anda lakukan secara tak sadar anda akan memiliki kemampuan untuk mencetak pelanggan saat barbershop & salon atau klinik anda sedang kurang pembeli.

Founder SekolahPebisnis, Business Owner & Certified Int.Digital Sales Coach

Membantu anda merintis & mengembangkan bisnis.

Expert Digital Marketing Bisnis Offline membantu berbagai bisnis dengan lokasi offline untuk menjalankan marketing online dan mendapatkan tambahan pelanggan dan kenaikan omset dari digital marketing.

#BisnisOfflineScaleUpOnline | Start Your Success Journey Today!

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *