Cara Buat Bisnis Anda Berbeda & Dilirik. Lebih Mudah Dari Branding!

Cara Buat Bisnis Anda Berbeda & Dilirik. Lebih Mudah Dari Branding!

Melalui strategi viral konten & konsistensi

Mengapa bisnis harus dilirik dan berbeda?

Salah satu bapak marketing dunia yang juga adalah professor harvard business school yaitu theodore levitt mengatakan bahwa membuat perbedaan atau differensiasi bisnis kita dibandingkan dengan kompetitor adalah strategi dan taktik bisnis paling penting yang harus dipikirkan secaranya konsisten tanpa kecuali.

Jack trout yang dinobatkan sebagai bapak positioning atau membuat bisnis jadi berbeda mengatakan bahwa sukses dari sebuah bisnis tergantung dari apakah bisnis itu bisa jadi berbeda di dalam pikiran calon pembeli. Bukan produknya berbeda, bukan juga servis atau foundernya berbeda, tapi berbeda di mata pelanggan.

Different gets attention, better doesn’t always get attention! Being different is also easier than being better..

Biasanya kita mencari perbedaan dari apa yang kita jual, produk kita berbeda karena ada fitur A, produk kita berbeda karena produk B tidak punya ini, produk kita dari supplier yang seperti ini, produk kita berbeda karena bisa memberikan efek tertentu.

Tapi realitanya saat ini, apakah tak ada produk/jasa lainnya yang punya benefit yang sama dengan anda? , Bahkan mungkin anda juga, menawarkan produk/jasa yang sama, benefit yang sama dan hasil yang kurang lebihnya sama juga dengan yang ditawarkan oleh banyak pebisnis di luar sana.

Jadi bagaimana caranya jadi berbeda jika anda menawarkan produk/jasa yang sama dengan benefit yang sama dan dengan hasil yang kurang lebih sama?

Apalagi kemungkinan calon pelanggan anda tadi, sudah pernah ditawarkan solusi yang sama dari pebisnis yang serupa dengan anda dan mengalami kekecewaan.

Ada 3 cara membuat bisnis anda berbeda dibandingkan dengan kompetitor anda saat ini.

1. Branding

Dari ketiga itu, padahal branding cara paling lama dan paling panjang untuk jadi berbeda! Tapi ironisnya malah jadi langkah pertama para pemula saat ingin jadi berbeda. Itulah kenapa bisnis tak kunjung profitable, karena menjadi berbeda dengan branding tak mungkin dilakukan singkat.

Ini adalah 2 cara terbaik karena jauh lebih singkat dan effisien untuk membuat calon pembeli anda datang membeli ke anda karena anda berbeda. Gunakan unique selling proposition (USP) dengan merancang penawaran yang GENIUS untuk jadi berbeda saat berjualan/selling dan gunakan unique marketing proposition (UMP signature) yang memberikan “cara baru” sehingga anda jadi berbeda secara instan di market.

2. Marketing

Selanjutnya cara yang lebih singkat dan efektif untuk membuat perbedaan bagi bisnis anda adalah melalui UMP signature atau Unique Marketing Proposition. Ini karena pelanggan anda mungkin tetap mau produk/jasa anda dengan benefit yang sama dan hasil yang sama, perubahan yang sama, tapi yang mereka inginkan adalah cara yang baru.

Ciptakan proses anda, formula anda, sistem unik anda, HOW to anda untuk mencapai hal itu. Pernah lihat es krim turki dan “caranya” mendeliver yang unik? Apakah es krimnya unik? Tidak! Apakah bahannya atau suppliernya unik? Tidak! Tapi HOW nya unik!

3. Selling

USP adalah saat anda punya produk/servis yang menawarkan benefit yang unik yang tak dimiliki kompetitor lain. Dan kalau anda memang punya produk yang punya benefit unik dibandingkan kompetitor maka iya, anda bisa menggunakan USP sebagai poin differensiasi.

Rosser Reeves di tahun 1940 yang mengatakan USP ini adalah 1 alasan yang membuat produk anda layak dibeli karena memiliki satu benefit yang lebih baik dari kompetitor.

Founder SekolahPebisnis, Business Owner & Certified Int.Digital Sales Coach

Membantu anda merintis & mengembangkan bisnis.

Expert Digital Marketing Bisnis Offline membantu berbagai bisnis dengan lokasi offline untuk menjalankan marketing online dan mendapatkan tambahan pelanggan dan kenaikan omset dari digital marketing.

#BisnisOfflineScaleUpOnline | Start Your Success Journey Today!

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *