Cara Tampil Ke Calon Pelanggan Di Instagram Melalui IG Searchbar Optimasi Terbaru Instagram!

Cara Tampil Ke Calon Pelanggan Di Instagram Melalui IG Searchbar. Optimasi Terbaru Instagram!

Apakah anda salah satunya dari jutaan orang yang sering menggunakan TikTok dan Instagram?

Bukan hal baru kalau TikTok adalah saingan terbesar Instagram saat ini, walaupun memang kedua platform ini sebetulnya saling melengkapi bagi sebuah brand. Instagram melakukan langkah update “search function” atau pencarian yang lebih canggih dibandingkan sebelumnya untuk berkompetisi dengan TikTok yang fitur pencariannya dapat mencari video dan image hingga secara mendalam melihat data dari video & image tersebut.

Seperti YouTube yang selain sosial media, tetapi juga adalah mesin pencari terbesar kedua didunia setelah Google, TikTok dan Instagram pun menjadi lebih dari sekedar sosial media dengan dilengkapi dengan fitur pencarian yang lebih advanced ini. Fitur terbaru di Instagram ini akan menunjukkan pencarian yang lebih lengkap.

Sebelum update terbaru ini, dulu yang dapat dicari hanya hashtag, username dan lokasi dengan hasil pencarian terbatas hanya pada post yang menggunakan hashtag atau lokasi yang di tag di foto atau video tersebut.

Saat ini di versi yang terupdate, Instagram menggunakan teknologi AI & Machine learning untuk membantu mengkategorikan bukan hanya hashtag tapi juga lokasi. Ini sebabnya banyak juga post yang tidak melakukan tag location tapi muncul saat kita melakukan pencarian berdasarkan lokasi di search bar Instagram.

Lalu apa artinya ini untuk kita seorang pebisnis & marketer?

Jawabannya adalah lebih banyak kesempatan untuk tampil di hadapan calon pelanggan melalui konten – konten yang anda buat  yang dapat dioptimasi untuk tampil di search engine Instagram atau SEO Instagram. Hasil pencarian search bar ini lebih personalized pada siapa yang melakukan pencarian tersebut. Ini artinya Instagram memiliki explore page spesial untuk kata kunci yang anda cari.

3 hal yang dijadikan informasi bagi Instagram untuk menampilkan hasil pencarian

  1. Text yang anda ketikkan ke search bar

bobot dari text yang diketikkan di search bar adalah yang paling tinggi.

2. Signals dari akun anda

Yes, betul bahkan walaupun kita yang ingin melakukan pencarian, Instagram akan scanning akun kita dan bagaimana kita menggunakan aplikasi Instagram. 

3. Popularity signals

Mereka akan mempertimbangkan ranking popularitas seperti jumlah klik, like, share, dan follow untuk akun spesifik, hashtag atau lokasi tersebut.

Kalau saat ini anda belum memaksimalkan bagaimana cara agar orang bisa mengetahui bisnis anda melalui search Instagram, maka anda bisa menambahkan dengan optimasi – optimasi berikut:

  1. Gunakan username dan handle akun instagram yang disesuaikan dengan kata kunci apa yang anda inginkan.

misalnya akun microblog saya @yosefabas_ tempat saya sharing tips & trik digital marketing, usernamenya adalah @yosefabas_ tetapi nama akunnya Yosef Dokter Digital Marketing karena saya ingin dikenal sebagai Expert di Digital Marketing. 

Untuk bisnis, saran saya adalah mengkombinasikan optimasi SEO dengan nama brand anda. Misalnya Sugalash Eyelash Extension yaitu dengan mengkombinasikan nama brand + kata kunci SEO.

Jika tidak memungkinkan sebagai username / nama akun, maka bisa juga dimasukkan ke dalam bio akun seperti SekolahPebisnis dimana nama brand saya sekolahpebisnis, lalu niche-nya motivasi & inspirasi pebisnis dan di bio saya menuliskan @yosefabas_ supaya terbaca oleh SEO Instagram bahwa akun ini berkaitan dengan akun microblog saya Yosef Dokter Digital Marketing.

2. Masukkan kata kunci yang relevan dan lokasi di bio

Saat ini deskripsi bio juga termasuk dan jadi sangat penting karena jumlah karakter di bio bisa memuat cukup banyak karakter. Ketikkan nama lokasi bisnis anda di bio untuk memudahkan orang sekitar outlet atau klinik anda menemukan akun Instagram anda.

3. Gunakan caption secara optimal untuk masukkan kata kunci dan hashtag

Instagram mempertimbangkan caption yang diberikan pada setiap foto/video post sehingga saat ini hashtag memiliki kekuatan lebih jika dimasukkan di dalam caption dan bukan di kolom komentar, begitu juga anda bisa masukkan kata kunci yang menurut anda penting dan relevan bersamaan dengan caption.

Setelah anda tahu bagaimana cara kerja terbaru dari fitur pencarian di Instagram, saat ini anda bisa melakukan audit pada Instagram akun yang anda miliki saat ini untuk memastikan anda muncul saat calon pelanggan anda mencari hal-hal yang relevan dengan bisnis anda.

Founder SekolahPebisnis, Business Owner & Certified Int.Digital Sales Coach

Membantu anda merintis & mengembangkan bisnis.

Expert Digital Marketing Bisnis Offline membantu berbagai bisnis dengan lokasi offline untuk menjalankan marketing online dan mendapatkan tambahan pelanggan dan kenaikan omset dari digital marketing.

#BisnisOfflineScaleUpOnline | Start Your Success Journey Today!

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *