Efektif Mana? Endorse atau Iklan Ads di Instagram/Tiktok

Efektif Mana? Endorse atau Iklan Ads di Instagram/Tiktok

Pernah cek bisnis atau brand-brand yang anda beli produk atau jasanya?

Apakah ada yang tanpa beriklan atau endorse? Mungkin ada…

Tapi dari bisnis yang anda beli produk atau jasanya, mayoritas kemungkinan melakukan iklan ataupun endorse.

karena dengan cara itu kita mendatangkan orang baru kebisnis kita secara konsisten sehingga profit pun mengikuti.

Kalau cuma bisnis dari online gimana? perlu banget iklan atau endorse?

Kalau anda masih ragu-ragu apakah harus endorse atau beriklan, saya mau tanya, pernah ngak anda ikutan bazaar?

Mungkin pernah ikutan bazaar di kampus atau bazaar event 17 Agustus?

Katakan misal kita di 17 Agustusan atau di bazar sekolah ingin jualan..

Banyak dari kita rela mau bayar stand disana supaya kita bisa jualan dan dapat untung. Mungkin harga stanndnya 500 ribu atau bahkan 1 juta.

Apakah pasti dapat pembeli?

ya mungkin, tapi sering juga gak ramai bahkan sepi… Kok mau bayar?

Anehnya….orang yang sama masuk ke dunia online untuk mulai jualan tapi maunya gratis dan anti untuk endorse ataupun beriklan..malah dia bilang “saya nggak punya budget”

Nahh ini adala sesuatu yang salah karena orang tersebut bisa untuk mengeluarkan budget di bazar yang belum tentu dapat pembeli di bazar tersebut tapi di dunia online yang lebih pasti dengan adanya data dan influencer malah ragu.

Jadi mindset kita untuk beriklan atau berpromosi itu harus seakan-akan kita memiliki biaya untuk kita membuat bisnis didunia nyata atau didunia offline.

Jadi sebelum kita masuk ke lebih bagus endorse atau lebih bagus iklan, kita harus mengetahui dulu bahwa kalau kita memiliki mindset di bisnis online ini seperti mindset gratisan maka kita tidak akan berhasil, maka miliki lah mindset yang seakan-akan kita memulai bisnis didunia nyata atau di offline tapi kita mulainya didunia online.

Tapi jika budget terbatas ataupun anda harus memilih atau menentukan prioritas, mulai dari yang mana dulu ya? Iklan atau Endorse?

1. Strategi Iklan (Instagram Ads, Google Ads, Tiktok Ads)

2. Strategi Endorsement (Endorse TikTok, Youtube, Instagram)

Pertanyaannya, dengan budget kita sebagai seorang pebisnis yang terbatas, mana yg lebih efektif dan mana yang harus kita prioritaskan terlebih dahulu?

Nah.. lanjut ya?

Jadi bagusan yang mana nih antara memilih Influencer atau endorse dengan beriklan?

Kadang-kadang kalau kita bandingkan keduanya ini tidak apple to apple, kenapa?

Karena beriklan itu tujuannya supaya banyak yang melihat, mendapakan exposure. 

Betul sih kalau kita endorse mendapatkan exposure, banyak followers dari influencer yang pada akhirnya tau bahwa bisnis kita itu ada.

Tapi ada kelebihan lainnya dari endorse selain dibandingkan dengan hanya exposure saja.

Misalnya anda sama-sama mulai beriklan ataupun endorse berbayar, dengan budget yang sama kalau anda luangkan untuk beriklan misalkan 100 ribu, 100 ribu itu kalau anda pasang lalu habis seperti kita menyebar brosur dan jika brosurnya sudah selesai sudah habis, tapi kalau anda endorse begitu anda endorse anda dapat foto dan juga video.

Jadi ada benefit tambahan selain kita mengendorse untuk exposure saja , nah kadang-kadang kita melihat endorse ini hanya membandingkan advertising antara iklan dengan endorse, membandingkan sebagian kecilnya saja sebagian part dari endorsenya saja.

 

Sebenarnya ada 4 fungsi dari endorse :

  1. Awareness, jadi banyak orang yang tau mengenai brand kita
  2. Memperbanyak digital asset atau konten
  3. Tambah followers
  4. Meningkatkan sales

Ini sebabnya saya selalu bilang bahwa materi foto dan video itu lebih kredibel dan pada akhirnya kita jadi bebas dari yang disebut sibuk untuk melakukan edit. tapi kita punya jumlah digital asset dari endorse yang makin banyak!

Jangan sampai kita maunya jadi pebisnis tapi kita berhenti menjadi pebisnis karena malah sibuk menjadi pejuang Canva atau terlalu banyak meluangkan waktu untuk mengedit bukan berbisnis.

Jadi dengan 4 tujuan endorse tadi kita bisa melihat lebih detail lagi antara beriklan dan antara endorse itu memang nggak bisa dibandingkan yaa karena tujuannya berbeda.

Ada yang sama yaitu lebih banyak yang aware, ada efek ke followers, bisa efek ke sales, tapi untuk endorsement punya kelebihannya sendiri yaitu mendapatkkan foto dan video yang saya bilangnya adalah selain itu bisa membawa trust dari influencer yang bisa kita recycle dan post berkali-kali di tempat kita sendiri.

Jadi masing-masing memiliki kelebihan yang berbeda ya, tapi paling tidak jika kita baru mulai solusi dari saya adalah mulai terlebih dahulu dari endorsement, karena endorsemnet itu mudah dimulai, mudah dieksekusi, bahkan walaupun anda masih pemula sekalipun apalagi saat ini juga banyak influencer yang harganya sangat murah dan ekonomis bahkan gratis.

Kalau bisa gunakan keduanya, sebab dengan endorse anda dibantu kredibilitas influencernya dan membangun digital asset, dan kalau anda beriklan anda memiliki data yg lebih detail mengenai siapa pembeli anda.

Start Your Success Journey Today!

Instagram @Yosefabas_ | Praktisi Bisnis & Digital Marketing Coach

Get All My Secret Resources Here:

Founder SekolahPebisnis, Business Owner & Certified Int.Digital Sales Coach

Membantu anda merintis & mengembangkan bisnis.

Expert Digital Marketing Bisnis Offline membantu berbagai bisnis dengan lokasi offline untuk menjalankan marketing online dan mendapatkan tambahan pelanggan dan kenaikan omset dari digital marketing.

#BisnisOfflineScaleUpOnline | Start Your Success Journey Today!

Leave A Reply

Your email address will not be published.