Sudah Lakukan Promosi? Jangan Happy Dulu Ini 5 Strategi Promosi Yang Efektif!

Sudah Lakukan Promosi? Jangan Happy Dulu Ini 5 Strategi Promosi Yang Efektif!

Banyak pebisnis yang sulit mencari strategi promosi tanpa harus potong harga karena belum mengerti apa itu penawaran atau offer. Ini terutama juga mereka yang memiliki lokasi bisnis atau yang mentargetkan pelanggan di area sekitar bisnis. Dalam marketing salah satu fondasinya adalah promosi.

Tapi yang banyak orang belum sadari adalah promosi yang membuat bisnis jadi berbeda dan nggak selalu perlu potong harga adalah memahami apa itu penawaran.

Saya tau banyak pebisnis yang sudah berhasil menarik perhatian pelanggan dan menceritakan kegiatan bisnis serta brandnya tapi masih bisa dibilang kesulitan mendapatkan penjualan. Ini biasanya ciri-ciri mereka yang belum menggunakan strategi penawaran atau offer didalam bisnisnya. Penawaran adalah cara produk/jasa anda di jadikan sebuah paket baru yang lebih dari sekedar produk/jasa tapi disesuaikan dengan apa yang disukai target audience sehingga menjadi sebuah paket baru yang khusus untuk audience itu.

Ada 5 jenis penawaran yang bisa anda gunakan terutama jika anda pebisnis

  1. Penawaran dengan Package/Bundling

Yang pertama adalah bundling beberapa produk menjadi satu paket contohnya seperti Sebuah Bisnis PetShop yang melakukan kombinasi bundling jasa yang ada disana seperti dokter hewan, perawatan hewan dengan kebutuhan pokok hewan seperti makanan dan mainan, serta hobi/produk trendnya di PetShop. Sehingga tak selalu bundling/package hanya dalam bentuk produk saja.

1 produk bisa dijadikan beberapa penawaran berbeda disesuaikan dengan target market siapa yang mau kita tuju. Ini bekerja sangat baik jika anda punya 3 penawaran dengan harga yang sama tapi isi paket yang beda-beda disesuaikan tipe pembeli anda yang berbeda-beda.

Variasi strategi promosi paket/bundling ini limitless nggak terbatas dan banyak variasi yang bisa di explore, jadi walaupun produk/jasa anda mirip atau sama dengan orang lain, anda jelas akan jadi berbeda dan value anda akan naik dengan strategi paket/bundling ini.

2. Penawaran dengan Edukasi / Value

Salah satu caranya adalah melalui event marketing. Memang ada strategi sendiri untuk melakukan event marketing bisnis yang saya sebut adalah trust acceleration method karena bisnis anda secara instan diposisikan sebagai expert dan bisa memberikan edukasi seputar produk/jasa anda. Kalau di online bisa dengan Webinar atau IGLIVE. Lakukan secara konsisten untuk menekankan nilai dari produk/jasa anda, baru setelahnya anda bisa berikan penawaran dengan diatas harga pasar.

Penawaran dengan berbentuk edukasi atau disebut value-based offer ini selalu ada elemen edukasi pelanggan untuk memposisikan bisnis anda jadi berbeda dengan kompetitor.

3. Penawaran dengan memanfaatkan timing

Penawaran berbasis waktu ini sangat efektif untuk short-time promo. Jika bisnis anda jasa seperti Dokter gigi atau klinik kecantikan misalnya anda bisa menggunakan revamp your face skin dalam 1 minggu atau kalau bengkel bisa upgrade kap mobil dalam 1 minggu. Artinya yang biasanya treatment skin clinic butuh waktu 6-7x pertemuan tiap minggu kita buat promo hanya untuk pertemuan pertamanya, begitu juga bengkel, upgrade car looks butuh waktu lama, tapi kalau hanya kap mobilnya bisa 1 minggu jadi. Hasilnya pun mereka akan mau melanjutkan ke treatment dan tahap selanjutnya karena anda memberikan value dan efek nyata yang mereka rasakan hasilnya dari penawaran 1 minggu itu.

4. Penawaran Loss Leader Pancingan

Kalau anda punya bisnis dengan lokasi offline, penawaran loss leader atau loss leader offer ini jarang dipakai padahal sangat efektif untuk segera berinteraksi secara langsung dengan pelanggan ideal anda, membangun kedekatan dan melakukan upsell ke core produk/jasa anda.

Contohnya, salah satu teman yang pernah saya bantu sebagai klien adalah jasa foto wedding, penawaran loss leader yang digunakan adalah foto lamaran dengan harga yang cukup ekonomis dibawah harga pasar karena fungsinya adalah kita segera berinteraksi dengan mereka yang akan menikah dan masuk ke hidup mereka di waktu yang tepat saat mereka berpikir fotografi adalah hal penting. Akhirnya teman saya dapat deal untuk wedding mereka, foto kehamilan, newborn baby foto bahkan family photo. Buat pelanggan, ngapain mencari fotografer lainnya, kalau sudah pernah bekerjasama dengan fotografer yang dipercaya dan sudah melakukan kontak dan tau kualitasnya.

5. Penawaran produk/jasa preview & teaser

Preview atau tester offer ini agak berbeda dimana tester offer biasanya digunakan untuk membuat orang bertemu dengan bisnis anda untuk selanjutnya dijelaskan mengenai produk/jasa utama anda.

Contohnya: free review kontrak jika anda adalah konsultan hukum, atau free survei on-site jika anda tukang gorden atau mungkin kontraktor bangunan, gratis analisa kondisi kesehatan atau bahkan gratis analisa kondisi keuangan keluarga.

Preview offer adalah penawaran dari produk/jasa yang valuenya baru bisa dirasakan jika melakukan pembelian produk/jasa utama

Contohnya: pembelian security system CCTV dengan penawaran free 2 CCTV jika install full security system atau sesimpel free makeup MUA jika membeli hair coloring premium di salon.

Founder SekolahPebisnis, Business Owner & Certified Int.Digital Sales Coach

Membantu anda merintis & mengembangkan bisnis.

Expert Digital Marketing Bisnis Offline membantu berbagai bisnis dengan lokasi offline untuk menjalankan marketing online dan mendapatkan tambahan pelanggan dan kenaikan omset dari digital marketing.

#BisnisOfflineScaleUpOnline | Start Your Success Journey Today!

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *