Instagram Ads Framework untuk Bisnis dengan Outlet dan Pelanggan sekitar

Instagram Ads Framework untuk Bisnis dengan Outlet dan Pelanggan Sekitar

Menciptakan strategi beriklan di instagram ads untuk bisnis yang memiliki outlet atau lokasi offline banyak yang salah dalam menggunakannya. Menggunakan cara beriklan seperti toko online atau marketplace padahal anda memiliki lokasi outlet di offline adalah jalan yang salah.. Sebab target anda adalah orang-orang di area sekitar lokasi bisnis.

Saya adalah seorang pemilik bisnis dengan outlet di offline yang menggunakan digital marketing untuk mendapatkan profit dengan sistem dan framework yang saya sebut dengan IRIS method.

Ada 3 ad level yang berbeda yang dibutuhkan oleh semua pebisnis yang memiliki lokasi offline untuk mendapatkan profit maksimal dari online ads yang dipasang.

1. Indoctrinate Core Belief

Level 1 Iris Framework-Indoctrinate core belief adalah tahap pertama dan ads yang dirancang untuk menjangkau jenis orang yang berbeda-beda.

Indoctrinate core belief fokus ke edukasi, membangun audience. Jika anda menggunakan digital marketing untuk bisnis offline untuk marketing outlet atau jasa di area anda, maka anda memiliki cakupan lokasi yang dibatasi kota tertentu dan di area-area tertentu saja.

Di dalam area tersebut biasanya ada 3% yang telah siap membeli tapi biasanya ada sekitar 15% yang sebetulnya membutuhkan apa yang anda jual.

Tujuan Level 1 ad campaign adalah indoctrinate core belief, atau membuat 15% orang tersebut mengerti apa yang kita percayai dan reframe core difference atau membuat mereka melihat kemungkinan bahwa suatu hari akan membutuhkan brand kita dengan cara mengedukasi mereka .

Contohnya seorang dokter gigi yang kliniknya sudah menggunakan instagram ads dan menjalankan sebuah penawaran spesial potongan harga. Tapi setiap menjalankan promosi seperti ini ia selalu mendapatkan hasil bagus diawal dan 1-2 bulan stelahnya menjadi sepi. Karena itu adalah orang-orang dari bagian 3% yang siap dipetik.

Cara pertama supaya promosi anda bertahan lama adalah sebelum menggunakan ads level 1, pikirkan variasi orang-orang yang ingin anda layani di area anda tersebu

Paling tidak ada 3 kategori orangtua :

  1. Orangtua yang ingin anaknya pasang behel karena mengalami masalah struktur gigi dan tulang rahang
  2. Orangtua yang ingin anaknya lebih percaya diri dan terlihat lebih cantik dan manis saat tersenyum
  3. Atau orangtua yang sekedar ingin anaknya sehat secara keseluruhan dan peduli pada wellness dan pertumbuhan mereka secara general yg bukan spesifik klinik gigi

Pertanyaannya bagaimana cara anda bisa menarik 3 audience yang berbeda tadi?

Jadi level 1 ini dirancang untuk membangun awareness secara general melalui beberapa konten yang berbeda-beda sehingga di level selanjutnya kita bisa memberikan penawaran yang spesifik pada audience tertentu yang telah mengenal kita.

Gunakan konten-konten yang mudah dikonsumsi seperti video. 3 group tadi, tidak akan memberikan respon sama ke video yang sama..

Jangkauan klinik atau outlet anda akan membesar jika anda memiliki koneksi dan dapat membedakan diri dari yang lain sehingga potensi pelanggan anda menjadi lebih luas.

2. ILLUMINATE OFFER

Level 2 dari IRIS framework setelah illuminate path dilakukan menggunakan facebook pixel dan berfokus ke memberikan cahaya atau jalan ke penawaran anda. Tujuannya adalah membuat mereka berinteraksi lebih dalam, opt-in dan convert jadi pembeli.

Isi ads di level 2 ini akan sangat tergantung dengan konten ads apa yang anda gunakan di level 1 sebelumnya.

Gunakan desire mereka untuk percaya diri dan koneksikan dengan penawaran di kreatif image/video dan copywriting.

3. SELL IMMEDIATE

Level 3 adalah sell immediate, atau menggunakan retarget untuk mengingatkan orang akan penawaran yang sebelumnya telah dia lihat.

Level 3 ini adalah ads yang ditujukan ke orang yang telah masuk ke website. Gunakan mental trigger yang bervariasi untuk mendorong mereka transaksi seperti exclusivity, reassurace, Reciprocity, Scarcity, Consistency and Commitment (reassure), Authority, Social Proof untuk membuat mereka segera action

Jadi bagi 3 level (indoctrinate core belief & reframe core difference, illuminate offer, sell immediate), siapkan asset (video, blog, post engagement), buat offer, kalkulasi budget & jalankan instagram ads..Untuk membuat offer.. Genius offer building formula…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *