Jualan Masih Susah? Maka Anda Belum Marketing Dengan Tepat!

Jualan Masih Susah? Maka Anda Belum Marketing Dengan Tepat!

Banyak dari kita yang berfikir bahwa kita sudah berbisnis online tapi ternyata masih berjualan online

memang sih bisnis online ataupun jualan online, dua-duanya harus menjual..

tapi berbeda loh!

Apa sih perbedaan antar jualan online dan bisnis online?

Bisnis online ternyata ngga sama dengan jualan online, walaupun dua kata ini sering digunakan secara ganti-gantian, kalau jualan online berarti bisnis online begitupun sebaliknya kalau bisnis online berarti jualan online. 

Tapi bisnis online itu bukan jualan online.

Lalu apa perbedaannya? 

Kalau berjualan online atau disebut jadi online seller ya,

ciri-ciri kita punya bisnis online adalah pebisnis meluangkan lebih sedikit waktu untuk berjualan, kenapa? Karena pebisnis meluangkan lebih banyak waktunya untuk marketing.

Saat kita baru mulai kita harus berjualan, tetapi makin lama kita membuat sebuah bisnis itu harusnya jualannya makin lebih muda, kenapa?

Jadi marketing itu adalah gimana caranya kita membuat orang lain ingin produk kita, ingin barang yang kita jual, bukan dengan menjelaskan ke mereka ini barang kita, fiturnya dan lain-lain. Bikin pengen bukan push sales! 

Mereka penasaran, pengen tau, bahkan kepo dan karena itu gak perlu push sales!

Jadi saat jualan, kita langsung menjelaskan barang kita itu apa, nggak membangun keinginannya maka yang kita lakukan adalah berjualan online… artinya ada produk kita upload, ada produk kita masukkan ke market place, ada produk kita posting fotonya diinstagram, itulah yang disebut dengan jualan online.

Bedanya apa dengan bisnis online? Pebisnis meluangkan lebih sedikit waktu untuk berjualan langsung.

Yang dilakukan pebisnis online itu apa?

Membangun keinginan dari orang tersebut untuk cari tau produk kita, jadi bukan dengan kita jualan langsung dengan kita langsung kasih tau produk kita itu apa tapi kita keluar effort dengan buat mereka penasaran untuk mencari tau produk kita.

Jadi Marketing adalah strategi untuk membuat orang itu penasaran untuk mencari tau produk kita tanpa perlu di push

Kenapa sih marketing itu menjadi penting?

Pernah denger ya? didalam dunia online dan bisnis online ada yang disebut dengan online seller komunitas seller, menjadi seorang seller, seller itu menjual tapi bukan marketer.

Jadi marketer dan seller ini berbeda..

Saat kita masih ngomongin jualan kita ngomongin produknya, tapi kalau kita ngomongin marketing itu bukan tentang produk…

lalu tentang apa?

Marketing adalah tentang prospek kita atau tentang customer kita.

Jadi kalau topiknya masih tentang produk kita itu artinya kita sedang jualan, tapi kalau topiknya kita seputar customer, kehidupan mereka hal-hal yang lagi mereka bicarakan seputar hidup pelanggan kita, maka kita sedang melakukan marketing

Contohnya, katakan brand Pizza Hut..

Saat berjualan dia akan bahas dan ngomongin ini seputar produk pizza…

“pizzanya ini menggunakan resep apa, isi resepnya itu ada bahan-bahannya apa aja, lalu cara masak pizzanya itu seperti apa kenapa beda dari yang lain”

itu kalau kita berjualan…

Kalau marketing adalah membuat orang yang tadinya belum tau produk kita jadi tau dan membicarakan seputar keinginan atau kebutuhan dari apa yang sedang dibicarakan dari target audience.

Contoh nyatanya adalah mereka buat pizza yang lebarnya 1 meter!

Disana mereka tidak bahas resep pizza, bahan dan fitur pakai sayur apa saja, tapi fokus utamanya ke pizza 1 meter yang memang saat itu lagi banyak makanan di sosial media yang jumbo-jumbo viral di instagram atau TikTok dan jadi topik pembahasan target audience mereka.

Pizza Hut tau bahwa orang-rang saat ini sedang rajin main TikTok dan di TikTok kalau ada suatu makanan yang seperti pizza 1 meter orang akan langsung tertarik.

Lalu dia buat menu Pizza Hut yang di inovasikan dengan apa yang customer ini bicarakan didunia nyata!

Misalkan sekarang orang lagi health conscious orang lagi bicarakan masalah kesehatan , maka dia buat pizza seputar pizza vegan itu membuat dia sesuai dengan apa yang sedang dibicarakan oleh target audiencenya tadi, bukan dengan menjelaskan produk pizzanya, resepnya, cara buatnya, tapi dia masuk ke apa yang sedang dibicarakan sama prospeknya. 

Nah itu perbedaan antara yang satu selling dan yang satu marketing.

Biasanya saat kita melakukan marketing dalam bentuk berbayar misalnya endorse atau instagram ADS itu juga akan terlihat apakah mindset kita ini masih sebagai mindset seorang online seller atau online marketter.

Selling gak perlu campaign, Marketing sebaiknya menggunakan Campaign

Kalau pebisis online itu biasanya menggunakan campaign untuk bisa menembus noise di pasaran.

saya mengajarkan di SekolahPebisnis sebuah formula untuk membuat campaign marketing yang saya sebut Perfect Campaign Formula.

Kalau kita sedang melakukan yang namanya marketing itu ada timeline-nya.

Kadang-kadang kita merasa sudah marketing padahal yang kita lakukan barulah jualan.

Kalau kita sebagai pebisnis dalam kita memarketingkan produk kita mulainya bukan dari jualan…

Kalau jualan yang dibicarakan adalah tentang produk dan service kita, yang dikedapankan dalam sharing kita di konten biasanya adalah fitur, kelebihan/advantage, benefit, harga, dan lainnya seputar produk.

Jika kita saat ini masih melakukan hal-hal itu, artinya sekarang kita sedang melakukan mayoritas kegiatan kita sebagai pebisnis di online justru cuma jualan aja belum marketing. 

Kadang banyak sekali pebisnis di dunia online sudah mulai bisnis dan bangun brandnya, sudah punya akun sosial media atau website tapi mindsetnya masih mindset jualan belum mindset marketing.

Bagaimana caranya supaya kita bisa melakukan yang namanya marketing?

Caranya adalah kita masuk ke timeline tadi yang dibahas saat kita marketing adalah tentang situasi dari IDEAL buyer kita seperti kesulitan apa yang dia alami,apa ketakutannya, apa motivasi, apa sih kebutuhan dan keiinginan dia, dan ini bisa membuat orang-orang penasaran dengan produk anda.

Jika anda saat ini merasa sudah berjualan setengah mati, sudah edukasi tapi mereka nggak ngerti-ngerti, customer nggak merasa dia itu perlu padahal anda merasa dia pasti butuh produk anda mungkin anda  kekurangan strategi marketing, karena tujuan marketing membuat jualan itu makin mudah. 

Jadi jika saat ini anda merasa kok jualannya susah ya, customernya susah mengerti produk saya itu artinya anda terlalu banyak selling dan sedikit marketing. 

Tujuan utama dan satu-satunya dari marketing adalah membuat jualan sangat mudah. Jadi jika anda merasa susah berjualan maka marketingnya belum ada..

Start Your Success Journey Today!

Founder SekolahPebisnis, Business Owner & Certified Int.Digital Sales Coach

Membantu anda merintis & mengembangkan bisnis.

Expert Digital Marketing Bisnis Offline membantu berbagai bisnis dengan lokasi offline untuk menjalankan marketing online dan mendapatkan tambahan pelanggan dan kenaikan omset dari digital marketing.

#BisnisOfflineScaleUpOnline | Start Your Success Journey Today!

Leave A Reply

Your email address will not be published.