Masa Sih? Endorse Bisa Dilakukan Pebisnis Pemula?

Masa Sih? Endorse Bisa Dilakukan Pebisnis Pemula?

Banyak yang mengira influencer atau endorse itu pasti ditujukan ke influencer yang besar atau selebrity….

fakta atau mitos sih sebenarnya hal ini?

Jawabannya itu adalah fakta.

Dulu itu adalah fakta…

sekarang jadi mitos!

kenapa?

Karena berpartner dengan influencer dan dengan artis memang dilakukan sejak jaman dulu dan terbukti efektif untuk meningkatkan bisnis.

Tapi saat ini, ada THE GREAT SHIFT!

Saat ini yang bisa diajak kerjasama lebih banyak karena ada berbagai platform seperti YouTube, TikTok, Instagram, bahkan LinkedIn dan belum lagi jumlah orang yang memiliki “influence” juga bertambah banyak.

Maka “Bisnis besar saja yang bisa menggunakan influencer” hanyalah sebuah MITOS..

Sekarang bisnis baru bisa gunakan influencer kalau tau GREAT SHIFT ini…

Ini adalah sebuah diagram yang bisa anda lihat bahwa bagaimana sih saat ini seorang influencer dan seorang pebisnis yang ingin endorse itu bekerja.

Kalau jaman dulu hanya corporate multinasional yang bisa berpartner dengan artis dan selebrity di TV, tapi makin kesini brand besar, brand kecil, mikro dan nano bisa menggunakan yang disebut influencer mega, macro, mikro dan nano influencer. 

Jadi sudah tidak seperti dulu yang hanya corporate multinasional yang bisa menggunakan orang-orang yang di sebut punya influence ini.

Cara Pinjam Trust & Influence di Jaman sebelum Sosial Media ada

Sebelum ada sosial media maka salah satu tempat promosinya di bilboard jalan dan pebisnis skala corporate multinasional akan pinjam trust & influence dengan menghire brand ambasador yang ditampilkan di bilboard

..karena itu butuh budget yang besar dan brand besar yang bisa melakukannya..

Pinjam Trust & Influence lebih hemat setelah Sosial Media

..tapi begitu ada yang namanya online, terbuka peluang bahwa brand besar yang tidak bisa iklan di billboard atau bahkan yang ingin “hemat” budget marketing bisa menggunakan alternatif endorse ke mega influencer atau influencr yang besar banget, followernya mungkin diatas 500k bahkan diatas 1Juta Followers.

Mega influencer ini apa sih? 

Mereka adalah yang kita liat di layar TV yang kalau kita lihat di sosial media followernya ini jutaan, belasan juta bahkan puluhan juta, itu namanya adalah mega influencer. 

Peralihan THE GREAT SHIFT Sosial Media bisa dilihat di grafis dibawah ini

Makin kesini, kita bisa lihat THE GREAT SHIFT ini membuat banjir konten kreator, banjir influencer dan alternatifnya banyak sekali sehingga saking banyaknya kita yang baru mulai bisnis hari ini bisa menggunakan influencer

Banyak dari mereka yang adalah influencer & creators di momen ini juga sedang berkarir menaiki tangga konten kreator dan influencer

Itu sebanya banyak yang mau diajak bekerja sama dengan budget yang ekonomis bahkan gratis.

Tahun 2003 – 2015

Di tahun 2003 kalau mau berpartner dengan artis itu kita masih menggunakan TV atau radio, begitu tahun 2005 baru mulai banyak yang namanya blogger saat kita mau endorse kita membayar review di blog

blogger dan YouTuber yang harganya pasti lebih rendah daripada kita bayar artis di TV tapi masih lebih mahal dibandingkan THE GREAT SHIFT saat ini. 

Tahun 2009 – 2020

Di tahun 2009 ini mulai ada YouTuber yang kebanjiran endorse, atau kebanyakan project-project yang seperti Radtya Dika yang juga bikin buku, film dll yang bermula dari YouTuber, dan disini juga ada Buzzer Tweet yang harganya lebih ekonomis.

2014 dan 2016 mulai ada yang namanya selebgram ini kata-kata baru yang dulu itu nggak ada sebelumnya, artinya ditahun ini harganya lebih murah dibandingkan kita menghire artis atau bahkan YouTuber karena selebgram ratenya lebih murah daripada YouTuber.

Tahun 2021 – SEKARANG

Baru saja di tahun 2021 muncul yang namanya TikTok, semenjak kemunculan TikTok ada yang namanya seleb TikTok dan bahkan harganya lebih murah daripada selebgram. 

Terlihat ya? makin kesini endorse makin ekonomis dan murah!

Tak hanya makin banyak platform, makin banyak juga yang mau jadi creator & influencer

 

Jadi tidak hanya platformnya saja yang tambah banyak, tapi juga orang-orang yang mau berkarir sebagai creator & influencer…

..artinya alternatifnya sekarang banyak sekali yang bisa kita pilih dan saking banyak alternatifnya akhirnya harganya jadi lebih murah, makin baru platformnya seperti TikTok ratenya makin ekonomis dibandingkan dengan menggunakan artis si TV atau radio.

Jadi kita yang baru mulai bisnis saat ini pun bisa langsung menggunakan “Trust (kepercayaan)” dari orang-orang yang memang jago untuk membangun trust dengan followernya mereka dibandingkan kita sendiri berusaha ngonten dan berusaha ngartis padahal nggak ada efeknya ke bisnis!

Ini saatnya kita pebisnis, menggunakan influencer dan konten kreator yang sudah jago-jago agar kita bisa fokus kedalam bisnis kita. 

Selain perbedaan dari platform yang bertambah ini, sosial media makin lama makin banyak tapi ada yang disebut tadi mega influencer, nano influencer dll. Seperti apa sih?

Yuk kita lihat… 

Disini ada mega-influencer followersnya lebih dari 1M, macro-influencer followersnya 100k sampai 1m, ini terjadi di berbagai platform dan dibagi menjadi beberapa influencer ini, lalu ada mid-tier influencer 10k sampai 100k, micro-influencer, lalu ada juga nano-influencer yang followernya kurang dari 10k.

Karena influencer saat ini sangat variatif sekali nggak hanya dari platform yang makin banyak tapi influncernya juga semakin banyak di platform tertentu itu mulai dari yang diatas jutaan, sampai yang menengah, bahkan kecil atau yang biasa disebut nano-influencer.

Jadi buat bisnis yang barupun lebih baik memanfaatkan trust yang sudah mereka bangun dan juga memanfaatkan kemampuan mereka dalam membuat konten daripada kita sibuk menjadi pejuang canva.

 

Bisakah pebisnis pemula menggunakan endorse? apakah hanya untuk bisnis yang besar saja?

Jawabannya bisa banget..

Jauh dari asumsi atau mitos-mitos yang sebelumnya ada bahwa sekarang shortcut trust..

jadi dibanding luangkan waktu dari awal membangun awareness hingga orang teredukasi dan membeli, kita potong trustnya menggunakan influencer yang mereka ini sudah punya kolam calon pelanggan dan deposit trust yang kita butuhkan kita tinggal berkolaborasi.

Jadi buat anda yang baru mulai fokus untuk shortcut trust dengan cara menggunakan Go Nano & Go Mikro influencer.

 

Sehingga bisnis yang kecil atau pebisnis yang pemula itu bisa lebih cepat berkembang dengan langsung pinjam konten yang menarik, mereka sudah tiap hari kerjaannya buat konten

…kalau kita seorang pebisnis kerjaannya setiap hari itu bisnis! cari suplier kita jual lagi, kita cari gimana caranya supaya customer itu bisa puas membeli dari kita itulah yang namanya pebisnis.

Pinjam trust dari mereka, apa maksudnya?

Mereka sudah punya wajah yang familiar, sekecil-kecilnya influencer mereka punya followers yang sudah familiar sama wajah mereka, beda dengan kita yang berusaha jadi influencer.

Lebih baik kita berkolaborasi tapi langsung kita endorse ke influencer yang nano dan mikro..

..Jadi sekarang kita lihat kenapa sih yang saya sebut tadi ini mindset yang jadul kalau kita berfikiran endorse itu hanya bisa dilakukan buat mereka yang punya modal besar, buat bisnis yang sudah lama, buat tim yang sudah berkembang itu salah besar tertuama dimomen seperti sekarang ini. 

Seperti yang sudah kita lihat tadi banyak sekali tipe influencer dan platform dimana kita bisa mengendorse dengan budget yang murah, ekonomis bahkan juga gratis. 

 

Saya baru mulai bisnis di online, jadi gimana?

Saat ini kalau anda baru mulai berbisnis atau baru mau mulai endorse lebih baik fokus ke nano dan mikro influencer.

Mungkin sebelum pandemi jika anak-anak ditanya “kamu mau jadi apa kalau udah gede?” jawabannya saya mau jadi dokter, saya mau jadi insinyur. 

Sekarang kalau anda tanya ke anak anda atau bahkan ke sepupu anda itu nanti jawabannya mau jadi konten kreator, mau jadi YouTuber, itu jawbaan anak-anak kecil dulu waktu sebelum pandemi. Setelah pandemi kayanya bapak atau ibu dari anak tadi kalau ditanya mau jadi apa dia juga pingin jadi konten kreator atau YouTuber

jadi artinya apa? 

Kita sebagai pebisnis tidak perlu menjadi seperti mereka, kenapa? karena saat ini kebanyakan semua orang ingin menjadi YouTuber atau influencer veryone wants to be an influencer, suply terlalu banyak dan harganya jadi murah. 

Itulah kenapa pebisnis pemula saat ini lebih baik meminjam konten dia yang jago konten, pinjam wajah yang familiar dari mikro dan nano influencer, kebayang ya kenapa ini bisa jadi jalan anda yang sudah iklan tapi boncos, sudah punya instagram tapi kok ternyata Instagramnya semuanya grafis karena cuma ngedit di Canva tapi nggak ada influencernya.

Inilah pentingnya kenapa kita memiliki mindset udah nggak seperti dulu lagi bahwa influencer marketing itu hanya untuk mereka yang ibaratnya punya budget besar, punya bisnis besar saja padahal udah nggak seperti itu. 

Start Your Success Journey Today!

Instagram @Yosefabas_ | Praktisi Bisnis & Digital Marketing Coach

Get All My Secret Resources Here:

Founder SekolahPebisnis, Business Owner & Certified Int.Digital Sales Coach

Membantu anda merintis & mengembangkan bisnis.

Expert Digital Marketing Bisnis Offline membantu berbagai bisnis dengan lokasi offline untuk menjalankan marketing online dan mendapatkan tambahan pelanggan dan kenaikan omset dari digital marketing.

#BisnisOfflineScaleUpOnline | Start Your Success Journey Today!

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *