Modal yang Diperlukan Untuk Promosi Bisnis Anda di Instagram Ads

Modal yang Diperlukan Untuk Promosi Bisnis Anda di Instagram Ads

Berapa sih biaya yang seharusnya saya keluarkan untuk berpromosi di online dengan facebook ads?

Nahh kali ini, saya akan memberikan panduan untuk menentukan berapa biaya ads yang spesifik untuk bisnis yang anda jalankan saat ini.

Oke mari kita bahas satu per satu…

Langkah pertama adalah apakah anda sudah memiliki angka-angka yang berkaitan dengan sales & marketing bisnis anda saat ini? 

Banyak dari klien bisnis yang bekerjasama dengan SekolahPebisnis jika ditanya maka tujuannya adalah making money alias cari lebih banyak cuan.

Jika anda memiliki bisnis atau brand baru, maka mungkin anda ingin meluangkan hingga 12% dari pendapatan untuk diinvestasikan kembali ke marketing brand agar dapat mengalami perkembangan secara agresif, tapi kalau bisnis anda sudah cukup lama dan hanya ingin perkembangan yang stabil maka 5% mungkin sudah cukup baik.

Terutama jika anda yang memiliki outlet di offline seperti kafe, angka yang harus anda ketahui adalah biaya per core event… Misalnya outlet anda memiliki resepsionis, anda harus tahu berapa yang bisa anda keluarkan untuk lead per prospek tersebut.

Terkadang harga cost per lead yang rendah tak berarti mereka akan “show up” atau hadir di core event anda baik itu telfon, zoom ataupun bertemu langsung.

Setelah mendapatkan cost/lead, cost/core event, cost/acquisition, maka anda bisa mulai mencari conversion rate bisnis anda di online. Conversion rate ini akan menunjukkan berapa orang yang harus anda dapatkan untuk mendapatkan penjualan.

Kesalahan yang sering terjadi adalah melakukan hanya 100% ads untuk tujuan promosi saja ataupun dilain sisi hanya content-focused ads alias kebanyakan branding tapi kantong kering.

Idealnya anda mengkombinasikan keduanya sesuai dengan IRIS method strategi dengan 3 level ads. Biasanya 20% budget ads akan ditujukan ke level 1 campaign untuk membangun brand dengan tampil di depan calon pelanggan, lalu 60% budget akan di alokasikan ke IRIS method strategy level 2 yaitu melakukan penawaran yang anda miliki untuk mendapatkan penjualan. Sisanya 20% sisakan juga untuk reminder ke mereka yang telah melihat penawaran anda sebelumnya.

Jadi 3 level IRIS method strategy ini harus anda jalankan secara bersamaan dan bekerja bersamaan untuk memaksimalkan dampak dari budget ads anda.

Hindari juga 3 kesalahan besar yang sering dilakukan dalam beriklan di instagram :

  1. Tak memberikan waktu yang cukup
  2. Tidak menempatkan cukup budget 
  3. Memilih campaign & objective yang salah 
  4. Tidak membaca data dengan benar

Tak masalah apakah anda melakukan promosi dari instagram atau facebook ads manager, tetapi penting menentukan data-data dan melihat angka yang penting untuk dilacak.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *