Produk Bagus Tapi Jualan Nggak Laris? Tentukan STP Sebelum Anda Buka Bisnis!

Produk Bagus Tapi Jualan Nggak Laris? Tentukan STP Sebelum Anda Buka Bisnis!

Banyak dari kita yang sudah mulai berjualan bahkan sudah lama, tapi juga nggak menemukan titik booming atau larisnya dari bisnis yang dijalankan. Bukan karena produk yang kita miliki nggak bagus, Biasanya sebabnya adalah karena brand bisnis kita berbicara ke tipe pelanggan yang salah, dengan cara yang salah dan yang paling bahaya adalah kita sudah menggunakan budget berpromosi yang nggak sedikit tapi sayangnya ditujukan ke calon pelanggan yang bukan ideal untuk bisnis kita.

Jadi sebelumnya mulai menggunakan strategi dan  teknik-teknik marketing, pertama-tama temukan dulu customer ideal yang jadi buyer persona bisnis anda. Metode STP adalah metode yang saya pakai untuk membantu client saya menemukan ideal buyer bisnis mereka.

Biasanya kalau ada problem di bisnis kita terutama dibidang marketingnya, biasanya anda bisa cari tahu something wrongnya dari  3 golden key online marketing ini.

  1. Kait: apakah orang yang kita tarik ke bisnis kita sudah tepat? Kalau di dunia online, kita bukan mendatangi pelanggan, tapi attract/menarik mereka ke bisnis kita. Tapi apakah orang yang datang saat ini sesuai dengan harapan anda?
  2. Kisah: apakah kita sudah bisa “bercerita” mengenai brand atau produk kita sehingga ditangkap dengan baik. Apakah storytelling brand dan bisnis anda sudah dipahami di market? Atau mereka masih bingung saat ditanya anda bisnisnya apa dan produknya apa saja?
  3. Penawaran: cara kita membuat produk/jasa yang kita jual lebih menarik dibandingkan kompetitor dengan berbagai tipe promosi sehingga pelanggan beli segera. Apakah bisnis anda banyak yang tau, sudah banyak yang kenal tapi kesulitan dapat pembeli? Artinya ada yang salah dengan penawaran anda!

Yang sering terjadi adalah anda sudah berhasil “bercerita” dengan strategi storytelling dan membuat penawaran tapi diarahkan ke orang yang salah karena buru-buru melewatkan tahap pertama yaitu memastikan siapa yang ingin anda kait dan anda tarik ke bisnis anda?

Rahasia online marketing sangat simpel.. Anda ingin menarik siapa? Lalu cari dimana lokasi mereka? Pancing mereka dengan kait, kisah dan penawaran yang tepat!

Tapi sebelum memancing atau membuat orang tertarik ke bisnis kita, jangan sampai anda salah kolam apalagi salah mengerti siapa yang ingin anda pancing.

Contohnya bisnis yang ingin berjualan ke wanita yang masih single pasti berbeda saat ingin berkomunikasi dan berpromosi ke wanita yang sudah memiliki anak, beda lagi dengan wanita yang sudah punya cucu. 

Untuk menentukan pilihan ideal customer buat bisnis anda, ada 3 langkah dalam metode STP yaitu segmenting (sadar beda), targetting (pilih ideal buyer), positioning (jadi standout)

Tahap pertama segmenting atau simplenya sadar beda!

Ibaratnya kita mau memancing di laut dimana ada udang, kepiting, ikan paus, ikan teri bahkan cumi-cumi. Umpan untuk kepiting pasti berbeda dengan umpan untuk ikan paus, dan sangat ngak masuk akal kalau kita menggunakan pancingan yang sama dan umpan yang sama saat kita ingin memancing ikan paus digunakan untuk memancing kepiting, cumi-cumi bahkan teri.

Orang-orang yang telah berinteraksi dengan bisnis anda saat ini kalau kita lihat lebih detail lagi, pasti punya perbedaan dari mulai umur, etnis, tingkat pendidikan, pekerjaan, lokasi, gaya hidup, kepribadian, dan faktor-faktor pembeda lain. Langkah pertama di tahap sadar beda adalah mengetahui perbedaan ini dari market anda saat ini.

Tahap kedua targetting atau memilih market.

Tahap terakhir setelah memilih market adalah memahami bukan hanya “siapa?” tapi juga memahami bisnis-bisnis lainnya yang mentargetkan calon pelanggan kita atau siapa saja kompetitor kita. Kenapa? Karena untuk sukses kita harus dipilih dan untuk dipilih kita harus jadi beda dari kompetitor kita. Tapi seringnya kita ingin dipilih tanpa memahami dengan detil dan dalam seperti apa kompetitor kita.

Tahap ketiga positioning atau memposisikan bisnis kita

supaya apa diposisikan? Supaya dari semua kompetitor kita, kita jadi standout. 

Seperti jendral perang legenda dari china Sun Tzu yang berkata di buku The Art of War :

“If you know the enemy and know yourself, you need not fear the result of a hundred battles. If you know yourself but not the enemy, for every victory gained you will also suffer a defeat. If you know neither the enemy nor yourself, you will succumb in every battle.”

Jika kamu tahu siapa dirimu dan kompetitormu secara mendalam, kamu tak perlu takut hasil dari 1000 pertempuran karena kamu pasti menang. Tapi kalau kamu hanya tau diri sendiri tapi tak mendalami kompetitor, untuk setiap kemenangan, sudah pasti ada kehilangan. Jika kamu tak tahu siapa dirimu dan juga kompetitor, maka di setiap pertempuran kamu akan kalah!

Itulah kunci seni utama dari positioning agar bisnis anda menjadi unggul.

Founder SekolahPebisnis, Business Owner & Certified Int.Digital Sales Coach

Membantu anda merintis & mengembangkan bisnis.

Expert Digital Marketing Bisnis Offline membantu berbagai bisnis dengan lokasi offline untuk menjalankan marketing online dan mendapatkan tambahan pelanggan dan kenaikan omset dari digital marketing.

#BisnisOfflineScaleUpOnline | Start Your Success Journey Today!

Leave A Reply

Your email address will not be published.