Produk Mirip Kompetitor? Gunakan UMP Signature Ala Om Deddy Corbuzier!

Produk Mirip Kompetitor? Gunakan UMP Signature Ala Om Deddy Corbuzier!

Merasa sepertinya banyak produk/jasa yang mirip dengan yang kita miliki saat ini? Apalagi hasil outputnya kurang lebih sama..

Lalu jika produk/jasa-nya mirip, gimana caranya kita bisa dilihat berbeda oleh calon pelanggan kita?

Ada ngak sih produk/jasa yang betul-betul unik dan sangat berbeda dibandingkan dengan yang lainnya?

tentu ada..

Tapi 90% produk & jasa yang ada didunia ini pasti ada kemiripan produk atau jasa dengan brand, bisnis atau penjual lainnya..

Produk yang sama bukan masalah, kalau kita tau cara menggunakan yang satu ini..

Produk/Jasa yang sama bisa di buat beda dengan Unique Marketing Proposition!

UMP Signature kalau saya sebutnya, ibarat tanda tangan ada nggak sih tanda tangan orang satu dengan orang lainnya betul-betul mirip dan sama persis?

Pasti nggak ada ya.. 

dan itu lah efeknya jika kita menggunakan unique marketing proposition signature…

…bahkan pada produk yang keliatannya itu adalah produk yang komoditas tapi kita bisa membuat produk tersebut dilihat unik.

Produk/Jasa anda gak salah.. hanya belum gunakan UMP aja!

Sebelum kita tau dan paham cara menggunakan UMP Signature, saya jelaskan dulu bahwa UMP Signature ini bukan merubah produknya, bukan merubah service atau jasanya,

karena kebanyakan dari kita misal anda menjual madu ternyata banyak juga yang menjual madu…

…tapi gimana cara kita dengan produk atau jasa yang sama tapi bisa dilihat berbeda. Itulah fungsinya marketing atau komunikasi, bagaimana cara kita mengkomunikasikannya sehingga dilihat berbeda walaupun produknya sama.

Ini contohnya..

 

Kalau kita mau bikin kue pasti kita menggunakan tepung terigu…

Tepung terigu digunakan untuk membuat kue dan ini adalah produk komoditas, tapi tepung terigu ini bisa dibuat menjadi berbeda. Gimana caranya?

Cara membuatnya berbeda yaa seperti ini..

Contoh berbeda dengan Unique Selling Proposition..bedain dari produknya!

kalau unique selling proposition ini yang dibuat berbeda adalah produknya.

Buat anda yang berada dibidang kuliner mungkin tau ya kalau tepung terigu itu ada yang punya protein rendah, tinggi, bahkan yang midle atau tengah-tengah…

pemanfaatannya pun berbeda-beda…

…kalau yang protein rendah dia biasanya menggunakan gandum lunak, gluten 6-8%,daya serap airnya rendah sehingga dipakai untuk adonan kue yang lembut.

Lalu dibedakan lagi dengan yang protein sedang dengan gluten 9-11%, tepungnya serba guna, bisa buat bolu atau kukis. Jadi tepung terigu yang keliatannya sama tapi unique selli propositionnya jadi berbeda kalau kita bisa memodifikasi produknya. 

Sayangnya saat ini banyak sekali didunia ini produk yang USP nya itu nggak lagi bisa berbeda dibandingkan dengan yang lainnya…

kenapa? Karena dari sisi produk udah nggak ada unique nya lagi…

Karena kalau kita ngomongin selling proposition ini kita ngomongin keunikan dari si produk itu sendiri. Nahh inilah kenapa kalau kita lihat saat ini bahkan dibidang tepung unique preposition ini harus ditambahkan dengan elemen lainnya..

Ini contohnya..

USP aja nggak cukup, kenapa?

Karena unique selling itu tadi kan masalah komposisinya, masalah produknya dibuat menjadi berbeda.

Jadi membuat USP saja tidak cukup bagi sebuah tepung,maka biasanya dia akan membuat brand atau istilahnya Unique Value Proposition.

 Tapi kalau kita UMKM unique value proposition ini kejauhan.

Kalau kita baru mulai, team kita masih kecil, kita berfikiran membangun brand terlalu lambat…

rata-rata bisnis yang membangun brand itu butuh waktu dari brand nya diciptakan hingga brand nya bisa menghasilkan sales atau ada impact nya ke sales itu butuh waktu panjang.

Contoh..

Kalau kita mau bangun social media, personal branding kalau kita cek di sosial medianya ada umur akunnya…

Rata-rata umurnya dari 1, 2, atau 3 tahun..

…jadi apakah kita mau menunggu unique value preposition kita itu selama setahun lalu baru bisa ngomset?

Tidak ya..

Jadi, diantara unique selling proposition yang sudah tidak bekerja lagi dibanyak industri dan jarak jauh untuk membangun yang butuh waktu maka kita butuh yang di tengah-tengahnya yang disebut unique marketing proposition.

Produknya sama, brandnya mungkin masih dibangun ataupun masih jalan tapi kita bisa menemukan angel komunikasi yang berbeda. 

Contohnya seperti apa?

Kita langsung lihat contohnya dari Om Deddy Corbuzier.

Saya tidak tau apakah anda masih ingat atau tidak, om Deddy pernah mengeluarkan sebuah buku dari metode diet yang dia sebut dengan OCD Diet (Obsessive Corbuzier’s Diet)…

OCD Diet ini kalau kita lihat ada OCD Official Quick Guide, lalu ada menu sarapan minimal 3 sampai 4, lalu ada berapa jam sehari hanya bisa minum apa, jadi ini seperti aturan atau panduannya.

Faktanya Om Deddy berhasil booming dan menjual produk yang komoditas,

dari mana saya tahu produk ini komoditas? 

Di website ini yang sudah pasti resmi bahkan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dijelaskan bahwa ternyata OCD ini adalah diet dengan cara berpuasa yang artinya sudah ada sejak zaman dulu.

Lalu kok bisa ya Om Deddy berhasil membuat OCD diet booming dengan produk yang komoditas?

Dia menemukan yang disebut dengan Unique Marketing Preposition!

Cara komunikasi dan marketingnya berbeda tapi value nya nggak ada yang dirubah sama sekali, hanya OCD dietnya saja yang dibuat.

Coba kita masuk ke Google ya..

Disini kita masukkan intermittent fasting dalam pencarian google…

..definisinya adalah kita tidak makan dalam periode beberapa hari atau minggu. Ada banyak metode-metodenya yang semuanya ini dibawah intermittent fasting atau diet puasa namanya. 

Jadi ini sebuah produk atau service yang sebetulnya komoditas tapi dibuat menjadi unik.

Ini sebetulnya komoditas yang menurut Om Deddy bagus, tapi aku dengan brandku harus menemukan unique marketing proposition yang khas, dan yang dilakukan Om Deddy adalah menciptakan signature way nya Om Deddy. 

Nah disini kalau ada orang yang review dia nggak lagi ngereview “saya mau beli intermittent fasting” tapi orang langsung ngereview ke om Deddy OCD Diet

itu yang membuat ini powerfull karena unique marketing proposition orang di edukasi mengenai program diet OCD

Sehingga kalau ada review pun nggak mungkin orang akan mereview intermittent fastingnya pasti mereka akan mereview langsung ke produknya om Deddy,

Kenapa?

Karena dia menggunakan unique marketing dan signature way nya om Deddy adalah OCD Diet tadi.

Jadi itulah kenapa produk yang komoditas kita buat menjadi unique dengan cara menemukan unique marketing propositionnya tapi juga signaturenya. 

 

Jadi signature ini namanya apa? OCD Diet!

Ini yang saya sebut dengan unique marketing proposition…

…dan nggak hanya signaturenya saja ya..

Kalau kita lihat dibagian atas ada OCD Diet dimana ini adalah special signaturenya om Deddy tapi disupport dengan unique marketing propositionnya…

Apa itu?

1. Tidak sarapan (minimal 3-4 jam setelah bangun) alasan diterangkan di eBook, Ini adalah metode khusus yang memang jadi metodenya OCD Diet. Jadi unique marketing proposition itu mengaitkan antara komoditas dengan kita tambahkan sebuat metode misalnya.

2. Makan 8/6/4 jam sehari, sebuah panduan atau step-step tertentu mungkin sama nih intermittent fasting yang sudah ada sejak zaman dulu komoditas tapi begitu ditambahkan signature plus panduan, tahapan, sistem dan proses akan membuat yang komoditas tadi menjadi unik miliknya om Deddy, Kebayang ya?

Inilah yang membuat produk atau service komoditas bisa dibuat menjadi unik seperti layaknya tanda tangan seperti dengan caranya om Deddy tadi. 

Disini kita bisa lihat kembali disebuah forum dan orang bertanya dengan pertanyaan “perbedaan OCD dengan intermittent fasting” 

…karena kita punya unique signature orang nge-refer ke intermittent fasting jadi yang digunakan signature way nya, orang pun akan me-refer ke situ.

Jadi artinya begitu kita punya unique signature dan kita punya unique marketing propositionnya itu membuat komoditas kita ini tidak lagi komoditas

..karena kita tambahkan dengan unique marketing proposition sehingga market atau calon pelanggan melihatnya sangat berbeda, Produk atau bisnis anda jadi sangat unik setelahnya. 

Kalau anda sekarang sudah nangkep idenya “Ohh iya penting ya UMP Signature”,

…jadi UMP Signature anda harus punya Signaturenya dan anda harus punya juga seperti apa nih detilnya yaitu unique marketing propositionnya..

Contohnya saya akan berikan kepada anda supaya anda lebih mudah lagi untuk menerapkan strategi dari yang on Deddy berhasil terapkan ini dan bisa anda terapkan dibisnis anda juga.

Ada contoh-contoh unique marketing proposition signature yang bisa anda ambil inspirasinya. 

Saat ini anda bisa mengambil satu dari 4 ini :

1. Kombinasi nutrisi pada tablet suplemen anda

Jadi misal anda punya produk atau service, ada nggak bagian dari produk atau service tersebut yang mungkin belum dieksplor di market anda?

Mungkin itu biasa kalau di produk atau jasa anda tapi di market ini nggak banyak orang yang sudah ngebahas mengenai itu. Itu bisa anda naikan jadi unique marketing proposition signature anda. 

2. Cara pemijatan baby spa

Misalnya tukang pijit, mungkin semua tukang pijit kelihatannya sama ya? Tapi begitu kita memasukkan cara pemijatan baby spa dengan metode tertentu jadi sangat berbeda. Jadi nggak sembarang pemijatan tapi pemijatan baby spa dengan metode apa.. kebayang ya?

3. Langkah-langkah khusus untuk melayani client

Misal anda pebisnis jasa, katakanlah jasa copywriting tapi kita nggak sembarangan copywriting, kenapa? karena kita menawarkan satu signature way nya, unique marketing propositionnya. Misalnya saya menawarkan jasa copywriting dengan metode copywriting abc… dan semua client saya sortir dengan metode itu dan itu adalah metode copywriting yang bisa meningkatkan sales, kebayang ya?

4. Resep turun temurun dari kakek nenek

Ini kita ambil dan dijadikan unique marketing signature.

Inilah yang membuat perbedaan produk itu bukan di produk dan jasanya tapi perbedaan dari cara dan experience pelanggan saat anda berkomunikasi dan mendapatkan signature way khas dan hanya anda yang punya

Jadi inilah pada akhirnya yang membuat UMP Signature itu bisa membantu bisnis anda walapun komoditas!!

Start Your Success Journey Today!

Instagram @Yosefabas_ | Praktisi Bisnis & Digital Marketing Coach

Get All My Secret Resources Here:

Founder SekolahPebisnis, Business Owner & Certified Int.Digital Sales Coach

Membantu anda merintis & mengembangkan bisnis.

Expert Digital Marketing Bisnis Offline membantu berbagai bisnis dengan lokasi offline untuk menjalankan marketing online dan mendapatkan tambahan pelanggan dan kenaikan omset dari digital marketing.

#BisnisOfflineScaleUpOnline | Start Your Success Journey Today!

Leave A Reply

Your email address will not be published.