Promosi Nggak Harus Potong Harga? Bedanya Price Sensitif & Promo Sensitif!

Promosi Nggak Harus Potong Harga? Bedanya Price Sensitif & Promo Sensitif!

Sering banget kita dengar kalau di bisnis, supaya laris kita harus melakukan promosi, dan yang lebih sering didengar adalah saya nggak punya budget untuk promosi, bener atau bener banget tuh? Padahal promosi nggak selalu butuh budget loh.. Kok bisa?, Karena kalau kita lihat arti promosi sendiri memang bukan mengenai diskon atau potong harga.

Artinya promosi adalah mengenai cara anda untuk bisa diketahui lebih banyak orang sehingga mendapatkan income yang lebih besar dari aktivitas promo yang dilakukan.

Bahkan dalam Marketing 101 pebisnis saat ingin mengembangkan bisnis harus memperhatikan 4P yaitu Product/Produk, Price/Harga, Place/Tempat dan Promotion/Promosi. Jadi gak mungkin bisnis bisa besar kalau anda tak melakukan salah satu fondasi bisnis yaitu berpromosi.

Penting untuk membedakan bahwa pelanggan bukan sensitif ke harga tapi sensitif ke promosi. Customer sifatnya promo sensitif dan bukan price sensitif. Keduanya sangat berbeda.

Kalau dalam pikiran kita orang membeli ke kita karena harga yang murah, biasanya kata “promosi” artinya diskon atau potong harga sehingga margin kita mengecil. Tapi sebaliknya, kalau kita tahu promo sebetulnya adalah bagian fondasi marketing yang tujuannya membuat bisnis & brand kita lebih terlihat, membuat hype untuk produk atau bisnis anda, maka banyak cara untuk berpromosi tanpa potong harga.

3 Tujuan Utama Promosi

  1. Menginfokan pelanggan mengenai brand
  2. Menaikkan permintaan & sales produk
  3. Membuat produk kita berbeda dari kompetitor

Tipe-tipe promosi

Tipe promosi yang menggunakan strategi potong harga.

Tipe promosi tanpa menggunakan strategi potong harga

Kenapa keduanya bekerja?

Karena bukan potong harga yang diinginkan melainkan promosi terbaru dari brand anda.

Price sensitif sangat berbeda dengan promo sensitif. Banyak pebisnis mengira pelanggan kita price sensitif dan maunya beli produk/jasa saat kita diskon habis-habisan, padahal mereka promo sensitif.

Bukan seberapa besar potongan harga anda, tapi seberapa sering anda tampil kreatif dengan berbagai jenis promo yang berbeda yang mencuri perhatian mereka!

Founder SekolahPebisnis, Business Owner & Certified Int.Digital Sales Coach

Membantu anda merintis & mengembangkan bisnis.

Expert Digital Marketing Bisnis Offline membantu berbagai bisnis dengan lokasi offline untuk menjalankan marketing online dan mendapatkan tambahan pelanggan dan kenaikan omset dari digital marketing.

#BisnisOfflineScaleUpOnline | Start Your Success Journey Today!

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *