Endorse di Tiktok Bisa Dimana Saja selain di Tiktok Shop?!?

Endorse di Tiktok Bisa Dimana Saja selain di Tiktok Shop?!?

Kalau di Instagram ada yang namanya selebgram…

…maka di TikTok ada juga yang disebut Seleb TikTok!! 

Kalau di YouTube ada yang namanya YouTube creator…maka di TikTok ada yang namanya TikTok creator, jadi yang satu YouTuber dan yang ini namanya TikToker!

Saat ini endorse yang sering dilakukan di TikTok itu biasanya menggunakan TikTok Shop yang disebut dengan TikTok Live Endorse…

Siapa sih yang ngga tau betapa powerfull nya sosial media yang satu ini , yaitu TikTok..

Saat ini ada dua hal yang lagi booming di dalam TikTok shop, yang pertama adalah TikTok ADS dan yang kedua adalah TikTok Affiliate Endorse..

TikTok Affiliate Endorse adalah gimana caranya kita memanfaatkan TikTok shop untuk pada akhirnya membuat para konten kreator di TikTok bisa melakukan affiliate atau mendapatkan komisi pada saat menjualkan produk dari brand yang kita miliki. 

 

Biasanya saat di live tampilannya seperti ini..

Tiktok creator & influencer bisa mendaftar ke brand kita dan di TikTok shop kita bisa kita setting untuk open siapapun bisa terbuka untuk mengambil produk kita lalu mereka bisa pasang di live mereka seperti ini,

…nahh inilah yang namany TikTok shop affiliate!

Tapi ada alternatif lainnya yaitu setting program toko kita di dalam tiktok shop untuk langsung menunjuk influencer siapa yang ingin kita jadikan affiliate produk kita dan mereka tinggal accept atau reject saja..

Dulu waktu fitur ini baru ada di TikTok ini cukup efektif karena pemainnya belum begitu banyak, saat ini selain sebuah toko bisa punya banyak produk, tapi makin kesini semakin banyak penjual-penjual atau merchant-merchant atau online shop di TikTok dari hari ke hari semakin banyak…

…artinya seller tidak bisa pasif saat kalau mau sukses dengan Tiktok affiliate endorse!!

Selain bisa kontak influencer dari Program Toko di TikTok Shop, bisa juga…

Menggunakan program terbuka…masuk kedalam fitur produk yang telah kita upload produknya dan ubah setting supaya siapa saja bisa jadi affiliate endorse, artinya produk kita terbuka untuk orang lain bisa menjadi affiliate kita.

Memang dari setting “Program toko” kita bisa tunjuk langsung influencer walaupun kekurangannya, memang rata-rata influencernya sudah besar…

…dan influencer yang masih baru tidak semudah itu ditemukan disitu, dan karena itu TikTok juga sudah tau dan menambah opsi program terbuka karena memang banyak TikTok Seleb baru yang sebetulnya tidak ada didalam program toko!

Peluang besar hasilkan cuan dari affiliate TikTok!

Dengan program terbuka semua orang bisa mengambil produk dari mana saja selama akun toko brand tersebut mengaktifkan program terbukan dan semua orang bisa langsung menjualkan sebagai affiliate dari produk tersebut.

Itulah sebabnya pada akhirnya ada yang namanya TikTok affiliate…

..baik yang sifatnya seperti tadi orang yang ditunjuk dan ada juga akun TikTok yang dia ini sebetulnya menjual affiliate..

Kreativitas orang indonesia cari cuan…

Orang indonesia memang gak bisa dibatas-batasi kalau sudah masalah kreativitas, salah satunya banyak orang memanfaatkan peluang untuk membuat akun-akun yang contohnya seperti ini..

Alternatif affiliate TikTok Live, Akun Publik/Media untuk jaring cuan

Kalau misalnya bukan di TikTok live saat orang live terus tiba-tiba ada pop up dibawahnya itu yang adalah produk di TikTok shop maka bisa dilakukan juga affiliate endorsenya itu dengan akun publik atau akun media, atau akun-akun yang menyebarkannya itu bukan seputar personal branding tapi info-info atau bahkan isinya hanya pancingan racun TiKTok shop jadi dikumpulin barang-barang unik di TikTok shop dan ini followernya lumayan juga lohh…

Cara jualan dengan akun publik di TikTok

Jadi di akun ini ada sebuah konten dan dibawahnya akan ada produk affiliatenya.

Nahh akun publik ini telah mengumpulkan barang-barang menarik, dikumpulin jadi satu dari berbagai brand dimasukin ke view produk dan kalau diklik ada lima barang dari lima brand yang berbeda yang harganya 10ribu dikumpulin jadi satu.

Jadi disini bisa dilihat bahwa TikTok affiliate endorse ini bisa dimainkan dengan cara yang berbeda…

Selain menghasilkan dengan jadi seorang TikTok seleb atau TikTok creator yang jualan di live dan akhirnya kalau kita lagi live kita promoin tuh produknya ke live agar nanti orang klik dari TikTok shop itu dan seleb TikTok tersebut dapat komisi affiliate endorse, tapi bisa juga dengan strategi akun publik!

Variasi Akun Publik TikTok dan perbedaan mereka untuk dapat cuan

Ada akun publik yang isinya pancingan-pancingan mengoleksi suatu produk yang harganya murah banget dari banyak brand, kalau dia klik dan jadi beli maka nantinya si pemilik akun publik tadi dapat komisinya dari affiliate endore.

Bisa juga dengan strategi akun publik tematik…

…misalnya kita punya akun yang membahas seputar naruto, nanti kita akan membahas di akun itu seputar naruto dan semua produk yang ada disitu semuanya custom produk naruto, ada baju naruto, tas naruto, mug naruto, poster naruto, jadi semua itu dikumpulkan jadi satu di akun yang bertema naruto…

kebayang ya?

Pertanyaannya.. apakah TikTok affiliate endorse ini satu-satunya lokasi dan tempat untuk menggunakan endorse?

Ternyata ada tempat lain…

nggak semua produk berbentuk barang dan bisa dikirim, tapi ada jenis bisnis lain yang gak bisa dipromosikan dengan TikTok Shop di Live dan harus menggunakan endorse tipe lainnya…

Nahh kita masuk ke jenis endorsement lainnya yang ada didalam TikTok..

1. Feed Endorse

Feed endorse ini dari dulu memang bisa dilakukan sebelum adanya TikTok shop, tapi ada mereka yang sudah pasti walaupun ada TikTok shop mereka akan menggunakan feed endorse ini. 

Masa sih? Kan TikTok affiliate itu sudah optimal sekali..

Betul, tapi tidak semua bisnis bisa menggunakan TikTok shop affiliate endorse itu.. Maksudnya seperti apa?

Paling tidak tiga jenis bisnis ini mau nggak mau harus menggunakan TikTok feed endorse!

Ini contohnya..

  1. Ada kafe, gym, wisata, dll yang saya sebutnya location based tempat-tempat tertentu

2. Lalu yang kedua misalnya jasa penulisan, jasa service AC, jasa consulting, pastinya orang nggak bisa belanja di TikTok shop tapi tetap menggunakan feed endorse yang ada di TikTok dan berkolaborasi dengan seleb TikTok.

3. Barang-barang harga premium seperti rumah, properti, atau mungkin barang yang bukan premium tapi custom seperti baju custom untuk pengantin, jadi tipe-tipe custome akan tetap menggunakan feed endorse di TikTok.

Terlihat bahwa memang ada beberapa bisnis yang wajib menggunakan TikTok endorse ini..

Tadinya orang-orang kira kalau sudah beralih ke TikTok shop yang terlihat lebih efisien untuk produk toko online karena tinggal klik-klik aja…

Tapi ternyata faktanya masih ada jenis-jenis bisnis yang seperti tadi yang nggak bisa menggunakan TikTok shop affiliate endorse ini. Kita yang punya restoran, punya bisnis tempat wisata atau hotel pasti pakai TikTok juga tapi bukan TikTok shop, biasanya kita tetap menggunakan seleb TikTok, tanya rate cardnya berapa dan endorse mereka untuk posting.

Biasanya tipe-tipe diatas masih banyak yang diluar daripada TikTok shop endorse bahkan banyak bisnis yang sebetulnya nggak bisa dijual di TikTok shop endorse, maka artinya masih banyak sekali peluang kita untuk menggunakan endrosement di TikTok di feed endorse ini. 

Selain feed endorse anda juga bisa menggunakan yang namanya paidpromote…

2. Paid Promote Endorse

Paid promote ini kontennya dari kita, tapi kita tinggal membayar untuk penempatannya saja di akun mereka.

 

contohnya seperti ini..

 Ada sebuah online shop namanya shaalihaaproject disini dia seneng banget setelah melakukan paid promote…

…dia bilang “dulu aku sangat meremehkan yang namanya paid promote karena pasti bakal diskip orang, tapi ternyata aku salah bahkan banyak sekali dapat followernya, budget juga relatif lebih murah dibandingkan dengan endorse pada umunya” bahkan dari paid promote efeknya sampai ke follower Instagram. 

Jadi itulah perbedaannya paid promote. 

Paid promote ini justru kita yang memberikan konten ke TikTok seleb, dia tinggal posting konten dari kita. 

Inilah alasannya kenapa TikTok paid promote itu malah lebih murah dibanding feed endorse seprti biasanya.

Kalau anda budgetnya terbatas mungkin anda bisa coba paid promote.. karena kontennya tidak dibuat oleh influencer jadi juga bisa lakukan di akun media tadi. 

3. Online BA Endorse

Yang terakhir adalah Online BA Endorse, contohnya seperti ini..

Ini biasanya terjadi di Instagram, jadi misal BA ini cahyadismarthhome, dll. 

Kenapa ini di Instagram lebih banyak dibandingkan di TikTok?

Karena memang Instagram itu lebih banyak orang yang visit ke profil kita karena followers di Instagram cukup penting dan lebih penting dibanding jumlah followers di TikTok.  

Jadi akan lebih jarang menemukan brand ambasador di TikTok ketimbang di Instagram.

Tapi nggak menutup kemungkinan anda bisa menanyakan “boleh nggak kalau saya taruh di bio kita mau jadi brand ambasador?” Ini tipe terakhir yang jarang dipakai di TikTok dan banyak di Instagram.

Oke, jadi itu tadi tipe-tipe endorsement yang terjadi di TikTok..

Last note untuk endorse lebih efektif di TikTok Affiliate

Catatan dari saya adalah untuk TikTok shop ini makin banyak sekali orang yang menggunakan, artinya kita sebagai online shop tidak boleh pasif tapi harus aktif.

Kita harus approach cari influencer-influencer diluar sana mulai dari yang kecil hingga besar bahkan akun media dan akun publik tadi yang kita lihat dia ini belum menggunakan affiliate dari kita,

untuk TikTok Affiliate endorse, kita sebagai brand tidak boleh nunggu, tapi kita aktif approach mereka. 

Jadi nggak ada lagi kita yang udah setting TikTok affiliate endorse tapi sepi nggak ada yang ambil dari brand kita karena memang sudah banyak sekali brand diluar sana yang sudah menggunakan TikTok affiliate endorse ini.

Start Your Success Journey Today!

Instagram @Yosefabas_ | Praktisi Bisnis & Digital Marketing Coach

Get All My Secret Resources Here:

Founder SekolahPebisnis, Business Owner & Certified Int.Digital Sales Coach

Membantu anda merintis & mengembangkan bisnis.

Expert Digital Marketing Bisnis Offline membantu berbagai bisnis dengan lokasi offline untuk menjalankan marketing online dan mendapatkan tambahan pelanggan dan kenaikan omset dari digital marketing.

#BisnisOfflineScaleUpOnline | Start Your Success Journey Today!

Leave A Reply

Your email address will not be published.