Trend Capit di Tiktok! Bisa Untung atau Malah jadi Buntung?

Trend Capit di Tiktok! Bisa Untung atau Malah jadi Buntung?

Masih sih belum tau?

Gak apa-apa, terutama kalau kamu bukan tiktokers atau rajin main di aplikasi tiktok ya. Tapi, boleh ya saya bedah trend jualan yang lagi viral-viralnya di tiktok yang namanya game capit-capit atau serok pasti untung dan yang nonton bisa hingga 5000 orang bahkan lebih terutama di saat momen ngabuburit Ramadan kemarin.

Cara mainnya sekali capit penonton membayar sekitaran 15ribu – 30ribu bahkan ada yg 60ribu dan banyak yang menjual di tiktok live tinggal beli melalui TikTok Shop lalu dapat giliran untuk capit. Bisa sekali capit, dua kali atau berapapun yang kita mau sesuai jumlah pembelian capit kita.

Beberapa akun besar yang jualan capit-capit ini ada @mandicantik, @capit.hoki untung, @capit.untung yang followernya sudah lebih dari 100K di tiktok.

Nah sekarang mari kita bedah dari sisi pebisnis-nya.

Selama ngabuburit, karena beberapa akun kebanjiran viewer hingga ribuan bahkan ada yang belasan ribu orang menonton game capit-capit.

Ini membuat bermunculan juga akun-akun baru yang menjual capit-capit ini.

Apalagi, modalnya cukup kecil, tinggal masukkan barang2 impor cina atau barang receh ke dalam baskom, kolam ataupun container lalu jual kesempatan mencapit di tiktok live. Walaupun masih termasuk ramai, tapi lama2 viewer tersebar dan mulai pilih-pilih harga capit yang murah, alias mulai ada perang harga.

Dari tadinya sekali capit seharga 30-60ribu, sampai ada yang sekali capit banting harga 15ribu bahkan 10ribu!!

Jadi gak bagus dong trend ini untuk pebisnis?

Tunggu dulu..

Justru saya melihat ada brand-brand yang pinter dan lihai menggunakan trend ini untuk menaikkan followernya di TikTok secara cerdas!

Contohnya brand milik Gisel di TikTok,

@madamegiecosmetic yang ikutan mengadakan game capit-capit selama 2 jam tiap sore jam 3-5 sore yang efeknya follower bertambah jadi 235K+ follower karena selama bulan Ramadan konsisten adakan capit-capit game secara live.

Bahkan ada juga yang jumlah followernya meledak di tiktok, padahal bukan bisnis 100% online alias bisnis yang memiliki cabang atau lokasi toko di offline yaitu @cuitbabywear sebuah brand yang erjualan pakaian anak yang followernya naik menjadi 150K+ follower

Gak hanya brand dan toko besar saja, tapi ada beberapa bisnis baru di TikTok yang ikutan trend ini dan berhasil menarik perhatian

Contohnya @daisyorganic yang bisnisnya kosmetik organik dan @chaizaofficial.id yang juga bisnis yang termasuk baru di TikTok dan menaiki trend capit-capit ini.

Jadi apa kesimpulannya?

Capit-capit buat saya bukan sebuah bisnis yang bisa brand-nya dibangun, tetapi sangat rentan terjadi perang harga karena makin lama banyak yang makin membuat akun dengan tujuan untuk mengadakan serok pasti untung capit-capit. 

Tapi sebagai pebisnis, anda bisa growth-hack dengan menaiki trend ini apapun bisnis anda, apakah itu skincare, tas, pakaian anak, ataupun produk/jasa lainnya.

Punya akun capit-capit di TikTok, maka anda berdagang tanpa membangun brand apapun, tapi sebagai pebisnis sangat penting melihat trend dan menaiki trend untuk mempercepat perkembangan bisnis dan membuat orang yang belum pernah tau bisnis anda menjadi tau.

 Start Your Success Journey Today!

Founder SekolahPebisnis, Business Owner & Certified Int.Digital Sales Coach

Membantu anda merintis & mengembangkan bisnis.

Expert Digital Marketing Bisnis Offline membantu berbagai bisnis dengan lokasi offline untuk menjalankan marketing online dan mendapatkan tambahan pelanggan dan kenaikan omset dari digital marketing.

#BisnisOfflineScaleUpOnline | Start Your Success Journey Today!

Leave A Reply

Your email address will not be published.