Udah Endorse Tapi Masih Boncos? Ini Ukuran Berhasilnya.

Udah Endorse Tapi Masih Boncos? Ini Ukuran Berhasilnya.

Endorse disangka gagal, padahal sebetulnya berhasil

Gak sedikit yang merasa kalau endorse yang dilakukan nggak berhasil atau boncos biasanya langsung berasumsi bahwa influencer atau content creatornya nggak bagus karena nggak berhasil mempromosikan apa yang kita endorse.

Ehh.. ternyata..

Padahal sebetulnya influencer tersebut berhasil mempromosikan produk anda hanya saja tidak ada yang beli.

Loh..loh..Tapi kenapa kalau nggak ada yang beli tapi influencer itu dianggap berhasil?

Karena kebanyakan dari kita tidak mengerti bagaimana menentukan apakah endoresement kita ini berhasil atau tidak, dan apakah tujuan endorsement itu.

Bagaimana mengukur keberhasilan endorsement?

Jika anda baru pertama kali melakukan endorse atau mungkin baru beberapa kali tapi belum berhasil ini sama seperti pengalaman saya dulu saat baru pertama kali endorse. 

                                                        Bikin kesel dan baper…gimana nggak??

Sudah berusaha menabung cukup lama konsisten dan perlahan supaya dapat kumpulkan budget yang cukup agar mampu endorse ke creator ataupun influencer yang cukup besar dengan harapan uang yang kita kumpulkan tadi bisa terkonversi ke transkasi penjualan..

…tapi saat sudah endorse ke creator atau ke influencer tersebut hasilnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan atau tidak profit!! Kebayang nggak rasanya?

kalau hasilnya gitu apakah creator atau influencer itu jelek? itu tergantung dari goals yang kita lakukan saat endorse

Paling tidak ada 2 goals :

  1. Grow Following
  2. Increase Salesg

1. Grow Following

Jika influencer tersebut sudah berpromosi, kontennya menarik, mereview produk kita dengan cukup baik lalu ada orang yang klik dan masuk ke akun kita lalu follow itu terbilang cukup berhasil endorsementnya.

karena influencer tersebut sudah mempromosikan dan membuat orang penasaran dan masuk ke akun kita

Mungkin belinya tidak saat ini tapi nanti…

Bisa jadi karena saat ini waktunya kurang tepat bagi mereka, sudah tertarik tapi masih mau nabung dulu, atau mungkin sudah tertarik tapi mereka saat ini belum butuh tapi nanti saat butuh mereka akan beli ketempat anda.

2. Increase Sales

Instagram sendiri saat ini sudah berusia kurang lebih sekitar 10 tahun lohh…

Itu berarti strategi endorsement pun sudah jauh berbeda dari instagram jaman dulu!!

kalau dulu salah satu cara supaya kita tau endorsement kita itu berhasil atau tidak adalah dengan cara mengunci akun kita atau Private Account jadi orang tidak akan bisa melihat sebelum orang follow akun anda. Contohnya adalah akun yang namanya shitheadsteve, ini adalah akun meme yang terbesar didunia.

Dulu pada tahun 2018 saat screenshot ini diambil caranya memang lock akun..

Strategi yang dilakukan shitheadsteve ini sama seperti onlineshop lainnya saat melakukan paid promote yaitu begitu influencer posting endorsement produk atau jasa kita ditempat mereka lalu yang kita lakukan adalah nge-lock akun sperti ini jadi orang harus follow dulu untuk melihat akun kita.

Efeknya adalah kita akan tau saat akun kita dilock berapa banyak orang yang follow akun kita waktu kita melakuan endorse atau paid promote.

Ini bisa dilihat dari tab activity, kalau anda melakukan endorse lalu akun anda dilock selama 2 sampai 3 hari maka selama 3 hari itu akan terlihat ada penambahan jumlah orang yang follow akun anda itu berapa.

nahh itu akan berujung kepada penambahan follower atau enggak saat anda melakukan endorsetapi jangan salah ini adalah strategi dulu!!

Sekarang bahkan akun shitheadsteve tidak melakukan strategi ini lagi, jadi jika sekarang anda masih melakukan strategi ini berarti anda melakukan strategi instagram marketing tahun 2018.

Saat ini akun shitheadsteve sudah mencapai lebih dari 6 juta followers dan menjadi The best meme page of 2022 ten years in a rowjadi paling tidak kita tahu bahwa dia sudah menggunakan strategi yang tepat untuk mengembangkan akunnya ini.

Salah satu strateginya adalah dia sudah tidak menggunakan lock account lagi karena sekarang sudah ada professional account yang dulu belum ada di Instagram. Bahkan saat ini di Instagram dan juga Tiktok sudah ada creator account dan business account.

Saat ini kalau anda ingin mendapatkan insight atau analisa berapa orang yang berkunjung ke akun anda maka anda bisa mengkonversi akun anda menjadi professional account dan pilih anda mau jadi akun creator atau business. 

Sekali lagi, bedakan ya.. cara sukses dan mendapatkan income di online sebagai pebisnis jauh beda dengan creator! bukan kata saya, tapi instagram dan tiktok sendiri yang membedakan keduanya…

Ada dua cara untuk sukses di Instagram ataupun Tiktok, jika anda creator maka cara yang tepat adalah rajin posting karena anda Content Creator, dan jika anda business maka rajin marketing atau Campaign Creator. 

Lalu bagaimana cara tahu Endose atau PaidPromote berhasil?

Kebetulan saya adalah creator tapi juga pebisnis.

Sebagai creator saya memiliki akun @sekolahpebisnis dan @yosefabas_ dan sebagai pebisnis saya memiliki beberapa akun bisnis yang salah satunya @sugalash_homecare

Yuk kita lihat langsung cara taunya..

Lihat analisa insight dari akun instagram anda terutama mulai dari profile visitnya

Ini adalah hasil dibalik akun @sekolahpebisnis

Saat ada konten viral, biasanya akan ada kenaikan di jumlah orang yang visit ke akun instagram dan terlihat di profile visit.

Kalau sebagai bisnis yang melakukan endorse atau paidpromote, maka seperti yang ada dibawah ini.

Ini adalah contoh akun business @sugalash_homecare 

Begitu kita endorse akan terlihat grafiknya mengalami kenaikan tapi jika kita nggak endorse grafiknya akan turun…

karena disaat kita endorse dan materi endorsenya bagus, maka orang akan tertarik dan visit ke akun onlineshop kita

kalau kita endorse dan tidak ada kenaikan di profile visit artinya mungkin endorsement anda materinya kurang bagus, atau reviewnya kurang bagus, atau salah mengendorse influencer

Jadi mengetahui influencer yang kita endorse bagus atau tidak, dan apakah endorsement kita berhasil atau tidak ini adalah dua hal yang berbeda.

Bisa jadi influencernya sudah berhasil membuat konten dan review yang menarik, orang sudah masuk profile visit tapi nggak beli berarti problemnya adalah dicara kita untuk mengatur akun kita sehingga orang tertarik, atau promosi kita yang mungkin kurang meyakinkan orang untuk membeli hari ini, bukan besok dan bukan tahun depan.

Start Your Success Journey Today!

Founder SekolahPebisnis, Business Owner & Certified Int.Digital Sales Coach

Membantu anda merintis & mengembangkan bisnis.

Expert Digital Marketing Bisnis Offline membantu berbagai bisnis dengan lokasi offline untuk menjalankan marketing online dan mendapatkan tambahan pelanggan dan kenaikan omset dari digital marketing.

#BisnisOfflineScaleUpOnline | Start Your Success Journey Today!

Leave A Reply

Your email address will not be published.