Cara Supaya Anda Bisa Mencapai Jutaan Orang di Instagram Melalui Explore Page

Cara Supaya Anda Bisa Mencapai Jutaan Orang di Instagram Melalui Explore Page

Melalui strategi viral konten & konsistensi

Pernah berpikir bagaimana sebenarnya cara instagram explore page bekerja? Boleh saya jelaskan untuk anda ya..
Baru-baru ini, Instagram menunjukkan secara terang-terangan bagaimana secara detail anda bisa masuk ke dalam ranking instagram explore page.

Dan jika anda menerapkan apa yang dibahas, tak menutup kemungkinan akun instagram anda juga bisa mencapai ribuan, bahkan jutaan orang baru.

Jangkauan dari Explore page adalah kunci utama dan satu-satunya yang paling baik untuk mengembangkan akun instagram secara organik.

The Most Targeted Reach

Karena setelah konten anda masuk ke explore, maka instagram dan algoritmanya sendiri yang akan membantu mencarikan orang yang akan suka dengan konten anda tersebut. Dibandingkan hashtag contohnya, lebih tidak targeted.

Explore page adalah paling scale-able atau explosive efeknya dalam menjangkau orang baru..konten seperti ini contohnya..

Bisa mencapai jutaan orang melalui explore..

Bahkan hingga saat ini tak ada konten yang mencapai 1,5juta orang dari hashtag dan artinya explore page memang sangat efektif, walaupun jangkauan dari hashtag juga tidak kecil tapi cukup besar juga..

Jadi untuk mengembangkan audience secara cepat, masuk ke explore page akan membantu anda scaleup jangkauan dengan cepat..yang akhirnya bisa membantu scale income anda juga..

Saat instagram membuka informasi seperti ini, bagaimana cara ranking bekerja atau bagaimana cara fitur-fitur di instagram bekerja, itu selalu berpengaruh pada bagaimana mereka akan menampilkan konten ke user walaupun cara mereka menjelaskan selalu why are you seeing this content, makanya dia tulis “design to help you discover….”

Disini dituliskan bahwa urutan rankingnya kurang lebih adalah sinyal dari seberapa banyak dan seberapa cepat orang – orang like, komen, share dan save.

Early engagement ke post anda membantu post untuk masuk ke explore page..
Karena kalau anda baru post dan banyak like, komen, share, save artinya itu memberikan sinyal bahwa post tersebut dianggap berguna dan dengan senang hati instagram akan menyebarkan.

Tapi algoritma yang sekarang ini sangatlah pintar dan dapat mendeteksi engagement group dan bahkan mengeluarkan community guidelines yang mengumumkan bahwa interaksi dari engagement group atau fake engagement dari panel software tertentu akan mendapatkan penalty dalam bentuk jangkauan yang dibatasi, shadow banned, tak bisa menggunakan fitur-fitur tertentu di kemudian hari, dan jenis penalty lainnya.

Jika mereka telah melihat postingan anda sebelumnya.. Maka akan lebih besar kemungkinan post yang baru anda publish akan masuk ke explore feed mereka.

Berbeda kalau selama ini tak ada yg berinteraksi dengan akun anda, maka kolam orang-orang yang berinteraksi tak banyak sehingga akan lebih lambat untuk masuk ke explore.

Ini biasanya yg mendorong sebuah post sangat cepat masuk ke explore page. Saat anda telah punya orang-orang yang rajin berinteraksi dengan konten anda sebelumnya, sehingga post baru anda akan langsung ditampilkan ke mereka dan jika mereka berinteraksi dengan konten baru anda, maka konten itu akan didorong ke lebih banyak explore page orang-orang lainnya.
Seperti snowball effect, saat post pertama berhasil mendapatkan banyak orang, post kedua anda akan memiliki lebih banyak kolam orang-orang yang telah berinteraksi

sehingga akan lebih cepat masuk ke explore dan post anda selanjutnya akan mendapatkan efek snowball positif ini.

Artinya aktivitas semua orang / semua akun instagram di catat dan selanjutnya digunakan untuk menunjukkan konten-konten ke feed, story, ataupun reels dan explore page.

Tapi menariknya disini adalah kata-kata di post ini jika diperhatikan lebih detail “interacted with posts in explore in the past” jadi berinteraksi dengan bukan sembarang post, tapi post di dalam explore feed, jadi secara spesifik di explore page.
Karena orang berinteraksi dengan area yang berbeda di dalam instagram, dan di explore sangat dominan post yang datang dari akun yang sebelumnya belum dikenal sehingga interaksi menjadi terlihat sesuai dengan passion dan interest.

Selanjutnya adalah informasi mengenai orang yang mempublikasikan post baru tersebut juga dijadikan pertimbangan ke siapa konten baru itu akan disebarkan oleh instagram.

 

Previous engagement sangat mempengaruhi future engagement.

Ini sangat penting dari sisi customer journey atau perjalanan follower/pelanggan.
Karena kalau home feed.. Semua post yang tampil disana ditunjukkan ke orang yang telah follow. Tapi di explore page, konten ditunjukkan ke orang-orang yang belum memutuskan bahwa mereka akan follow. karena itu instagram sangat berhati-hati untuk merekomendasikan sebuah konten ke explore page..

Sedangkan di home feed, anda melihat akun-akun yang sudah anda follow dan anda tahu mengapa anda follow mereka dan tahu ekspektasi konten apa kira-kira yang akan anda dapatkan dari akun-akun yang anda follow..sehingga anda tak kaget sebab anda yang memutuskan memfollow akun tersebut..

Certified International Digital Sales Coach, Business Owner & Founder SekolahPebisnis. Membantu anda merintis & mengembangkan bisnis menjadi lebih besar dan berkembang.

- DokterDigitalMarketing.com & VirtualSellingExpert.com

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *